Pontianak (Antara Kalbar) - Fakultas Kehutanan Universitas Tanjupura Pontianak menggelar kuliah umum dengan topik biodiversiti dan konservasi dengan pembicara dari Universitas Malaysia Serawak.
"Kuliah umum ini menghadirkan Dr Khairul Adha, dosen Unimas," kata Wakil Dekan I Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura (Untan) Farah Diba, di Pontianak, Minggu.
Farah menjelaskan kegiatan seperti kuliah umum tersebut merupakan agenda rutin yang diadakan oleh Fakultas Kehutanan Untan.
"Kegiatan kuliah umum seperti ini memang sudah kami rencanakan dari fakultas minimal satu bulan sekali dan ini sudah berjalan sejak 2015," katanya lagi.
Menurutnya, pelaksanaan kuliah umum apalagi menghadirkan dosen dari luar negeri bertujuan meningkatkan skill dan wawasan mahasiswa Fakultas Kehutanan.
"Fakultas Kehutanan tidak hanya memberikan ilmu melalui bangku perkuliahan melainkan melalui kegitan kuliah umum seperti ini, baik itu soal wirausaha, tentang riset dan lain sebagainya. Intinya kegiatan yang dilaksanakan bertujuan agar ilmu yang didapat peserta lebih luas dan akan menambah jaringan mahasiswa setelah mereka selesai kuliah," katanya pula.
Farah juga menjelaskan bahwa Untan telah memiliki kerja sama dengan Unimas.
Sedangkan Fakultas Kehutanan Untan telah memiliki kerja sama dalam seminar internasional dengan Fakultas MIPA Unimas, dalam hal ini antara dosen Unimas dan Fakultas Kehutanan melaksanakan seminar tentang hasil presentasinya.
Farah mengajak dan berharap kepada mahasiswa yang mengikuti kuliah umum agar dapat memanfaatkan dan menyimak secara serius seputar apa yang dipresentasikan pemateri.
Apalagi menurutnya pemateri yang hadir berkompeten di bidangnya.
"Terpenting lagi dari ilmu yang didapat harus diimplementasikan di lapangan. Aksi tersebut yang ditunggu," katanya lagi.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016