Sukadana (Antara Kalbar) - Sekjen Perhubungan Kementerian Perhubungan Sugihardjo menyatakan Sukadana akan menjadi salah satu daerah yang akan disandari kapal perintis.
    Kapal perintis yang berada dibawah kewenangan Kementerian Pehubungan tersebut akan berlayar dari Tambelan (Kepri), Pontianak (Kalbar), Teluk Batang (Kalbar), Sukadana (Kalbar) dan Kuala Jelai (Kalteng).
    "Dengan diresmikannya pelabuhan Sukadana segera akan disusul dengan pelayaran kapal perintis yang melintasi Sukadana," kata Sugihardjo.
    Pelabuhan Sukadana merupakan satu pelabuhan di wilayah barat Indonesia dari 91 pelabuhan yang dibangun.
    Bersama peresmian pelabuhan Sukadana, juga diresmikan pelabuhan di Kuala Jelai Kalteng dan keduanya berstatus pelabuhan pengumpan lokal yang mampu disandari kapal 1.000 DWP.
    Sementara itu, Bupati Kayong Utara Hildi Hamid dalam sambutannya menyebutkan di Kabupaten Kayong Utara saat ini sudah memiliki 4 pelabuhan yakni Sukadana, Tanjung Satai, Telok Batang dan Betok. Namun dari ke 4 pelabuhan tersebut kesemuanya memiliki banyak kendala yakni pada musim angin, kapal sulit merapat akibat dorongan angin dan ombak selain itu kedalaman yang relatif kecil membuat kapal-kapal berukuran besar sulit berlabuh.
    "Kedepan perlu adanya pembuatan kolam labuh atau pendalaman," kata Hildi Hamid.
    Namun Hildi Hamid menyampaikan, dengan dibangunnya pelabuhan di Kayong Utara akan berdampak positif bagi percepatan pembangunan dan percepatan perekonomian di Kayong Utara.

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016