Sambas (Antara Kalbar) - Dinas Perhubungan Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, mempersiapkan sejumlah bantuan teknis untuk pengamanan lalu lintas menjelang Ramadhan hingga Idul Fitri mendatang.

"Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, mobilitas masyarakat di jalan raya meningkat dari hari biasa ketika Ramadhan, apalagi Lebaran nanti. Oleh karena itu, jauh hari kita sudah mempersiapakn apa yang kita lakukan," ujar Kasi Media dan Penerangan Dinas Perhubungan Kabupaten Sambas Jalil Emha di Sambas, Selasa.

Ia menerangkan jika mobilitas masyarakat meningkat maka memberikan peluang yang besar terhadap kerawanan terjadinya kecelakaan.

"Antisipasi dan persiapan yang matang serta jauh-jauh hari harus sudah dilakukan dan melibatkan semua pihak. Kita dari Dishub tentu berkoordinasi dengan pihak terkait apa yang bisa kita bantu untuk memastikan pengamanan agar di jalan lancar dan tidak ada kecelakaan," katanya.

Dia menjelaskan untuk pengaman lalu lintas secara penuh memang dilakukan kepoisian, terutama Satlantas Polresta Sambas.

"Setiap tahun, kita akan dilibatkan dalam rangka pengamanan lalu lintas oleh pihak Satlantas Polres Sambas. Kembali lagi kita siap bantu," katanya.

Emha berharap, masyarakat berperan penting menjaga dan kelancaran lalu lintas karena hal itu bukan hanya dilakukan pihak kepolisian.

Ia mengatakan semua warga berkewajiban menjadi pelopor keselamatan.

"Kita semua harus menjaga keselamatan saat berkendara. Taati ketertiban lalu lintas yang berlaku. Jadilah pelopor keselamatan," kata dia.



(U.KR-DDI/M029)

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016