Pontianak  (Antara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis meminta semua partai politik yang ada di provinsi itu bisa membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menekankan pentingnya pendidikan anak-anak kepada semua kader.

"Partai Politik saat ini bukan lagi semata-mata mencari kekuasaan, namun harus turut secara nyata dalam mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Cornelis di Pontianak, Selasa.

Dia mengatakan, generasi penerus bangsa harus lebih cerdas, karena berbagai ancaman dari luar sudah semakin terstruktur dan masive. Apabila generasi muda tidak dipersiapkan maka negara ini akan hancur.

"Apalagi narkoba sudah di mana-mana, aliran radikal, itu semua harus ditangkal melalui pendidikan," tuturnya.

Cornelis menjelaskan, pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah namun seluruh komponen negara.

"Pemerintah dalam hal ini Pemerintah Provinsi Kalbar berusaha untuk menjalankan tugas agar bagaimana pendidikan di Kalbar bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat, dan bagaimana kesejahteraan guru diupayakan. Karena regulasi memang harus menjadi dasar dalam setiap kebijakan," katanya.

Sementara itu dalam jabatannya sebagai ketua DPD PDI Pejuangan Kalimantan Barat dia meminta kepada seluruh kader yang ada agar bisa memotivasi orang tua dan konstituennya di Kalimantan Barat agar mengerti pentingnya pendidikan sebagai jaminan masa depan karena sekarang dunia semakin maju dan persaingan semakin global.

Menurut Cornelis, pentingnya pendidikan karena sesuai UUD 1945, sekolah dibuat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara, sehingga kita sebagai warga negara yang sudah mendapatkan pendidikan.

"Dengan demikian kita akan mampu memberikan motivasi kepada masyarakat, orang tua agar-anak-anak bisa bersekolah sampai berhasil," kata Cornelis.

(U.KR-RDO/P008)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016