Sambas (Antara Kalbar) - Politeknik Mukah Serawak menjalin kerjasama program pendidikan dengan Politeknik Negeri Sambas dalam rangka meningkatkan keilimuan dan silahturahmi antar perguruan tinggi antara Negara.

Deputy Director Polteknik Mukah Sarawak Ahmad Masduki di Sambas, Jumat, mengatakan sejumlah program yang akan dibangun dan dilaksanakan dalam rangka saling meningkatkan kapasitas masing- masing kedua perguruan tinggi dan pertukaran mahasiswa antar kedua belah pihak.

"Kami berharap kerjasama ini berjalan mulus dan sesuai dengan harapan kita bersama," kata dia.

Direktur Polteknik Sambas Tedy Heryanto menyambut baik kerjasama dengan Polteknik Mukah Sarawak, apalagi dapat ditingkatkan pada pertukaran mahasiswa.

"Kami sebelumnya juga telah banyak menyekolahkan tenaga pendidik ke Malaysia untuk mendapatkan gelar S-2 dengan kerjasama ini tentu akan lebih mudah dan baik," ujarnya.

Teddy menjelaskan kerjasama yang telah dilaksanakan memiliki lima poin penting di antaranya tentang kemahasiswaan, Akademik, pengembangan dan pengembangan riset, pembukaan pertukaran mahasiswa antar dua negar serta join riset.

"Kolaborasi yang mau dilaksanakan bagaimana berbagi tentang kelebihan perguruan tinggi masing- masing, seperti apa iklim akademik dengan harapan baik sisi mahasiswa maupun manajemen Politeknik Sambas khususnye lebih meningkat lagi" katanya.

Teddy menambahkan setelah penandatanganan kerjasama langkah awal yang akan dilakukan adalah adalah kedua belah pihak merumuskan penjabaran dari kerjasama tersebut.

"Misalnya dalam bidang kemahasiswaan, dapat dilaksanakan pertukaran mahasiswa. Lalu magang para akademisi bisa dari Poltesa ke PMU atau sebaliknya," kata dia

Diharapkannya, kerja sama tersebut ke depannya baik mahasiswa ataupun tenaga pendidik bisa melakukan seminar atau kegiatan apapun dalam rangka menyikapi isu-isu yang berkembang antara Indonesa dan Malaysia.

"Bisa saja isu tentang tenaga kerje Indonesia atau lainnya dibahas baik oleh mahasiswanya ataupun para dosen," kata dia.




(U.KR-DDI/J008)

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016