Pontianak (Antara Kalbar) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pontianak, akan mengintensifkan program safari subuh pada masjid-masjid yang ada di Kota Pontianak, dalam meningkatkan hubungan silaturahim antarumat Muslim.
 
  "Program safari subuh itu, akan kami mulai minggu kedua bulan Ramadhan yang akan dilakukan di enam kecamatan di Kota Pontianak," kata Kasi Bimbingan Masyarakat Islam, Kemenag Kota Pontianak, Usman Rachmad di Pontianak, Rabu.

    Ia menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan terhadap masjid-masjid yang belum ada penceramah atau belum diisi oleh penceramah lainnya.

    "Target kami memang akan melakukan ceramah pada masjid-masjid yang belum ada penceramahnya guna memberikan kuliah subuh pada program safari Ramadhan ini," ungkapnya.

    Usman berharap, para umat Muslim di Kota Pontianak selalu taat beribadah kepada Allah SWT, apalagi di bulan suci Ramadhan, agar selalu menjalankan perintah dan menjahui larangan Allah SWT.

    Sementara itu, Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menilai, umat Islam di Pontianak sangat toleran dan menghormati pemeluk agama lainnya. "Artinya Konstitusi Madinah itu betul-betul terimplementasi dengan baik di sini," ujarnya.

    Konstitusi Madinah memuat perjanjian yang mengatur kehidupan antar suku dan pemeluk agama di Madinah supaya hidup rukun. Konstitusi itu disusun oleh Nabi Muhammad, SAW pada tahun 622 Masehi.

    Dalam kesempatan itu, Sutarmidji meminta Konstitusi Madinah itu diterjemahkan dengan bahasa yang mudah dipahami masyarakat.

    "Supaya di dalam masyarakat yang heterogen ini, Konstitusi Madinah itu mampu menjadi perekat dan membawa kesejahteraan masyarakat Pontianak itu sendiri," katanya.

    Dirinya juga mengajak umat Islam untuk meningkatkan amal ibadah serta kualitas ibadahnya. Tantangan umat Islam ke depan semakin besar, terutama dalam tataran implementasi ajaran-ajaran agama Islam.

    "Sebagai umat Islam, mari kita berupaya untuk betul-betul bisa menjalankan ajaran agama yang dianut dan tingkatkan kualitas ibadahnya," kata Sutarmidji.

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016