Sambas  (Antara Kalbar) - Pasca panen padi warga Desa Tanah Hitam, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat memanfaat lahan untuk mengembangakan tanaman kacang hijau.

"Lahan habis penen kami manfaatkan untuk menanam kacang hijau. Alhamdulillah di sini sangat cocok untuk mengembangkan kacang hijau yaitu dalam waktu 2,5 bulan satu hektar bisa menghasilkan 0,5 ton kacang hijau," ujar Paloh Rahmat, warga Desa Tanah Hitam, Minggu.

Penanaman kacang hijau dirasa sangat mebantu dalam penambahan pendapatan ekonomi masyarakat. Untuk tahun ini ia menanam dua hektar kacang hijau.

Menurut Rahmat untuk proses penanaman dan pemeliharaan amatlah mudah. Dia mengaku tidak ada kendala yang memberatkan dalam menjaga tanaman ini dari masa tanam hingga panen.

Kemudian untuk harga kacang hijau menurutnya juga terbilang tinggi ditingkat petani di mana perkilogram Rp13000. Sementara itu untuk pasar atau menjual juga tidak terlalu sulit dan bahkan banyak agen - agen besar datang ke desa mereka untuk membeli dalam skala banyak.

"Orang yang beli sedikit juga banyak. Untuk menjual kita tidak terlalu susah lah. Apalagi kacang hijau ini kan disimpan juga tahan jadi tidak terlalu ribet dalam pemasaran,"kata dia.


(U.KR-DDI/M019)

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016