Pontianak (Antara Kalbar) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal)  XII Brigjen TNI (Mar) M Hari diwakili Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Andi Rukman beserta keluarga besar Lantamal XII melaksanakan peringatan Nuzulul Qur’an 1437 H di Masjid Ar Rahmah Komplek TNI AL, Sabtu.

Wadan Lantamal XII dalam sambutannya tertulisnya menyatakan bahwa Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa penting saat diturunkan Al Qur’an pertama kali yaitu pada bulan Ramadhan. Al Qur’an adalah kumpulan firman Allah SWT yang menjadi petunjuk bagi umat manusia, sekaligus sebagai pembeda antara hak dan yang bathil.

Hikmah yang paling utama dalam memperingati Nuzulul Qur’an adalah ketaatan kita kepada Allah SWT yang teraktualisasi dalam kehidupan sehari-hari yang senantiasa berpedoman pada Al Qur’an Nul Karim.

Selanjutnya, tema peringatan Nuzulul Qur’an 1437 H ini, “Jadikanlah hikmah puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri 1437H/2016 M sebagai sarana peningkatan kualitas iman dan taqwa serta menumbuhkan semangat hubungan prajurit  TNI dengan masyarakat“.

Tema tersebut bila dicermati sangat sarat makna, yaitu kita dapat mengoptimalkan bulan Ramadhan ini untuk meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT melalui serangkaian amal ibadah yang diperintahkan, terbangun kemampuan komunikasi sosial prajurit TNI AL karena adanya peningkatan ibadah secara berjamaah, terjalin soliditas TNI dan rakyat karena hubungan silahturahmi atas dasar saling menghormati berlandaskan iman yang sama dan terciptanya persatuan dan kesatuan yang kokoh karena adanya toleransi yang kuat antar umat beragama sebagai wujud kesolehan sosial yang terbentuk melalui ibadah puasa Ramadhan.

Rangkaian acara peringatan Nuzulul Qur’an, diawali pembacaan ayat suci Al Qur’an, sambutan Ketua Masjid Ar Rahmah Letkol Laut (KH) Kasmudi dan ceramah Ustadz KH. Rudy Abdullah Faizs dan ditutup dengan doa bersama.

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016