Pontianak (Antara Kalbar) - Kantor Pos Cabang Pontianak mengalami peningkatan yang signifikan menerima pengiriman uang dari luar negeri, dimana Malaysia mendominasi dengan besar kiriman 75 persen dari total kiriman yang ada.

"Setiap bulan kita mencatat kiriman dari luar negeri yang masuk melalui kita Rp1,5 miliar. Kiriman sebesar Rp1 miliar itu berasal dari Malaysia. Saat ini dipastikan akan melebihi angka rata-rata tiap bulan ini," ujar Wakil Kepala Kantor Pos Pontianak, Dody Supriadi di Pontianak, Kamis.

Dody memprediksikan untuk sepanjang puasa dan mendekati Lebaran uang yang akan masuk sekitar Rp3 miliar. Menurutnya sebagaimana pengalaman tahun sebelumnya dan setiap bulannya Malaysia akan terus mendominasi, selanjutnya disusul dari negara Amerika dan Singapura.

"Mengapa pengiriman dari Malaysia mendominasi karena TKI kita di sana sangat besar. Sementara kalau dari Amerika dan Singapura itu hanya bagi kalangan bisnis saja," terangnya.

Sementara kata Dody untuk pengiriman barang menjelang Lebaran melalui Kantor Pos mengalami peningkatan sebesar 50 persen dibandingkan hari biasa.

"Pengiriman barang melalui pengiriman khusus mendominasi yakini mengunakan pesawat terbang. Sedangkan sisanya mengunakan kapal laut," kata dia.

Untuk jenis pengiriman barang katanya, aneka perlengkapan Lebaran seperti kue dan pakaian adalah jenis kiriman yang banyak dilakukan pengguna jasa kantor pos.

"Dengan banyak toko online ini juga mendorong pengiriman barang lewat kantor pos meningkat," kata dia.

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016