Nanga Pinoh (Antara Kalbar)  - Kelompok Tani Selapan Tani Desa Pelita Jaya, Kecamatan Tanah Pinoh, mendapat bantuan 19 ekor hewan ternak sapi. Sementara bantuan 300 ekor bibit itik beserta pakan ternak, kepada kelompok Harapan Kita Lengkong Nyadom Kecamatan Ella Hilir.
   
Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Parbubu Lumban Tobing yang mewakili Gubernur Kalbar saat Safari Ramadhan sekaligus berbuka puasa bersama bersama Bupati Melawi dan warga di Pendopo Rumah Jabatan, Rabu (29/6) sore.
   
Bantuan lain yang diberikan, berupa satu unit laptop, satu paket, buku karakter pendidikan, uang tunai Rp5 juta kepada pondok pesantren Al Stsigor serta beberapa bantuan peralatan dari Kanwil Kemenag Provinsi. Pemprov juga memberi bantuan ke beberapa Masjid dengan nilai masing-masing Rp 50 juta.
   
Parbubu Lumban Tobing dalam kesempata tersebut mengungkapkan Melawi merupakan, Kab/Kota ke 12 yang dikunjungi tim Safari Ramadan Pemprov.
   
"Kita harapkan silaturahmi ini dapat terjaga dengann baik demi ksejahteraan masyarakat," ungkapnya. Dikatakanya bulan Ramadhan selain menjadi momentum baik membangun silaturahmi juga membangun moral dan keimanan.
   
Disamping itu Gubernur mengungkapkan, Melawi merupakan merupakan kabupaten yang memiliki keberagaman namun tetap menjaga keharmonisan dan kerukunan antar suku dan umat beragama.
   
Gubernur juga menyampaikan beberapa imbauan terkait fenomena yang terjadi dibeberapa daerah. Mulai dari ketersediaan sembako, waspada produk kedaluwarsa, hingga waspada penyakit menular di antaranya rabies.
   
Kemudian Gubernur juga menyoroti persoalan tindak kriminalitas seperti kasus  pembunuhan yang dilakukan anak terhadap orang tua, hingga maraknya kasus prostitusi hingga pelecehan seksual anak dibawah umur.
   
"Ini menjadi tanda bahwa terjadinya penurunan ahlak dan moral. Sehingga peran orang tua mesti ditingkatkan dalam membangun kesadaran agar anak tidak terjerat perilaku melanggar hukum," ujarnya.
   
Dalam acara buka bersama ini, dihadiri ratusan warga yang cukup antusias memenuhi aula Pendopo Bupati.  Sementara dalam tausiah yang disampaikan Ustaz Saiful Anam menyampaikan beberapa keutamaan, pemimpin yang adil. Dalam sebuah hadis  Rasulullah bahwa pemimpin yang adil lebih baik dari pada seorang yang beribadah 70 tahun.
   
Seorang Bupati adalah pemimpin yang harus memperjuangkan masyarakatnya. "Begitu pula masyarakat harus taat kepada pemimpin. Kalau tidak taat berarti menyalahi aturan," ungkapnnya.

Pewarta: Eko

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016