Pontianak (Antara Kalbar) - Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya, akan melibatkan semua elemen masyarakat yang ada untuk menjalankan sembilan program pokok PKK dalam melakukan pembinaan terhadap masyarakat.

"Sampai saat ini, masih berkembang pemahaman bahwa gerakan PKK ini adalah miliknya ibu-ibu, padahal tidak begitu. Gerakan PKK ini kan milik semua masyarakat, baik ibu-ibu, bapak-bapak, pemuda/pemudi maupun anak-anak bisa berperan bersama," kata Ketua Tim Penggerak PKK Kubu Raya, Endang Indrawati di Sungai Raya, Jumat.

Hanya saja, lanjutnya, motornya ada pada ibu-ibu penggerak PKK. Namun, sasarannya semua elemen masyarakat, sehingga gerakan PKK itu untuk kesejahteraan masyarakat.

Dia menambahkan, secara khusus bagi ketua TP PKK Kecamatan dan Desa, diharapkan untuk tetap bekerjasama dengan semua elemen masyarakat sebagai mitra dalam melaksanakan tugas demikian juga dengan para tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Endang Indrawati juga mengajak semua masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam pembinaan kepada masyarakat melalui gerakan PKK yang mana di tingkat Kecamatan dimotori oleh Penggerak PKK Kecamatan dan di tingkat Desa ada juga Tim Penggerak PKK Desa yang diharapkan dapat bersinergi dengan program kebijakan-kebijakan Pemerintah baik Pusat maupun Daerah.

"Pembinaan serta penerapan program PKK yang berlangsung di masyarakat terus digalakkan dan dilakukan inovasi pendekatan dan pendampingan oleh pembina PKK baik dari Kabupaten, Kecamatan hingga Desa, menuju masyarakat maju, sehat dan sejahtera," tuturnya.

Endang juga mengatakan, bahwa pembinaan yang dilakukan sebagai upaya untuk menerapkan gerakan PKK mulai dari tingkat desa dengan sasaran untuk mewujudkan keluarga yang sehat, maju dan mandiri.

"Kepada masyarakat, khususnya pemerintah desa dan pengurus RT/RW agar sama-sama memberikan perhatian dalam membina masyarakat dan keluarga melalui program pokok PKK," katanya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016