Pontianak (Antara Kalbar) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya memberikan layanan pengecekan kesehatan gratis bagi pegawai dan masyarakat pada peringatan HUT ke-9 Kabupaten Kubu Raya.

"Layanan pengecekan kesehatan gratis ini kita berikan untuk memeriahkan HUT ke-9 Kubu Raya yang jatuh pada tanggal 17 Juli kemarin," kata Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Berli Hamdani di Sungai Raya, Senin.

Dia mengatakan pengecekan kesehatan itu difokuskan pada Penyakit Tidak Menular seperti pemeriksaan Gula Darah, Kolesterol dan penyakit lainnya yang dilakukan secara cuma-cuma.

Adapun target pemeriksaan itu diberikan kepada 200 pegawai dan masyarakat yang hadir pada kegiatan upacara peringatan HUT ke-9.

"Target kita ada 200 orang, namun sepertinya melebihi target yang kita tentukan," tuturnya.

Selain pengecekan kesehatan gratis, Dinas Kesehatan Kubu Raya juga memberikan layanan Donor Darah yang bekerjasama dengan PMI Pontianak dengan target donor 100 orang.

"Namun, sampai jam setengah satu tadi, pihak dari PMI belum juga datang, dikhawatirkan pesertanya bisa berkurang karena jam 1 tadi kita juga ada kegiatan rapat paripurna dengan DPRD," tuturnya.

Meski demikian, pelaksanaan layanan kesehatan gratis tersebut bisa berjalan dengan baik, di mana antusias pegawai untuk memeriksa kesehatannya cukup tinggi.

"Kegiatan ini selalu kita laksanakan dalam beberapa `event` (kegiatan) yang dilaksanakan oleh pemkab. Ini ditujukan agar para pegawai kita bisa mengecek kesehatannya," katanya.

Sementara itu, salah satu peserta layanan kesehatan Gratis, Asri Isnaini, mengatakan dirinya merasa sangat senang bisa memeriksa kondisi tubuhnya di sana.

"Kalau di puskesmas atau dokter, kadang tidak sempat. Karena layanan pengecekan kesehatan ini ada disini, makanya langsung saya manfaatkan dan saya sangat berterimakasih kepada dinas kesehatan Kubu Raya yang sudah melaksanakan kegiatan ini," katanya.


(U.KR-RDO/A043)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016