Pontianak (Antara Kalbar) - PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat mempunyai program baru yakni mobile bangking yang direncanakan berlaku mulai Oktober mendatang.

Direktur Utama Bank Kalbar, Sudirman HMY menjelaskan dengan diluncurkannya aplikasi tersebut untuk smartphone seperti android, blackberry, dan iPhone dapat dinikmati dengan tampilan menu yang menarik dan mudah digunakan layaknya menu transaksi pada ATM.

"Dengan m-banking nantinya nasabah juga dapat melakukan transaksi finansial seperti transfer, pembayaran, pembelian, transaksi dan lainnya. Untuk non finansial nasabah juga bisa mengecek saldo, cek histori transaksi, juga informasi lokasi cabang atau ATM dan fitur-fitur menarik lainnya," ujar Sudirman.

Adapun keuntungannya, kata Sudirman, dengan menggunakan layanan m-banking nasabah bisa bertransaksi tanpa batasan waktu.

Sehingga nasabah dapat mengakses rekening 24 jam sehari 7 hari seminggu, untuk melakukan transaksi finansial (transfer, pembayaran, pembelian), cek saldo, cek histori transaksi, informasi lokasi cabang atau ATM.
Sudirman mengatakan m-banking sudah menjalani berapa tahap mulai dari perizinan hingga saat ini tahap akhir yaitu uji coba.

"Di Indonesia dari seluruh BPD, kita kedua yang mendapat izin setelah Bank DKI Jakarta. Tentunya dengan m-banking yang menjadi kebutuhan perlu kita sikapi sehingga nasabah tidak menggunakan fasilitas bank lain untuk transfer lainnya," ujarnya.

Siapapun kata Sudirman bisa menikmati kemudahan penggunaan layanan m-banking yang simple dan aman. Hal tersebut karena menggunakan verifikasi dalam bentuk mobile pin setiap akan melakukan transaksi serta user id yang diberikan sekali pada saat aktivasi.

"Adapun syarat yang dibutuhkan untuk mendapatkan layanan ini, nasabah memiliki rekening tabungan atau giro perorangan Bank Kalbar serta memiliki kartu ATM Bank Kalbar. Selanjutnya nasabah memiliki nomor ponsel yang akan didaftarkan untuk menjalankan layanan m-banking dan melakukan registrasi layanan di mesin ATM terdekat," jelasnya.

Cara registrasi layanan nasabah mendownload aplikasi Bank Kalbar Mobile Banking sesuai smartphone yang dimiliki nasabah pada (app store untuk smartphone apple, dan Play Store untuk smartphone android).

Saat aktivasi nasabah akan memperoleh user ID pada struk ATM dan 6 digit kode aktivasi untuk mengaktifkan layanan melalui sms, kemudian lakukan proses aktivasi sesegera mungkin pada aplikasi Bank Kalbar Mobile Banking.

vHancurkan struk yang berisi 6 digit kode aktivasi setelah aktivasi dilakukan.
User ID sendiri, kata Sudirman, adalah kode yang terdiri dari huruf dan angka yang didapatkan nasabah setelah melakukan registrasi Bank Kalbar Mobile Banking pada ATM Bank Kalbar untuk mengaktifkan layanan Bank Kalbar Mobile Banking, userID tidak dapat diubah.

Password adalah kode atau sandi yang berbentuk angka yang didapat nasabah setelah melakukan registrasi Bank Kalbar Mobile Banking pada ATM Bank Kalbar untuk mengaktifkan layanan Bank Kalbar Mobile Banking, password dapat diubah oleh nasabah sewaktu- waktu pada menu admin pada Bank Kalbar Mobile Banking.

"Nomor ponsel juga perlu didaftarkan pada saat melakukan pendaftaran di customer service karena setelah melakukan registrasi pada ATM Bank Kalbar akan dikirimkan kode aktivasi Bank Kalbar Mobile Banking ke nomor telepon yang terdaftar melalui sms," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016