Pontianak (Antara Kalbar) - Dalam rangka memberikan penjelasan secara komprehensif tentang "tax amnesty" kepada masyarakat, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pontianak membuat terobosan dengan cara membuka kelas pajak.

"Kelas pajak ini dalam rangka juga menindaklanjuti sosialisasi kita kepada masyarakat agar informasi tentang program tax amnesty secara masif dan luas diketahui oleh wajib pajak," ujar Kasi Pengawasan dan Konsultasi KPP Pratama Pontianak, Sri Lestari Pujiastuti, di Pontianak, Jumat.

Sri menjelaskan untuk tahap awal, kelas pajak akan dibuka setiap satu minggu sekali. Namun menurutnya jika antusias wajib pajak tentang tax amnesty tinggi pihaknya tidak menutup kemungkinan akan membuka kelas kembali di mana dalam seminggu akan ada dua kali.

"Setiap hari Rabu pukul 09.00-11.00 wib kelas pajak kita buka. Dalam satu sesi ada 50 orang yang akan ikut. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran segera hubungi di nomor 08125744001," katanya.

Terkait sosialisasi tax amnesty secara umum, Sri menjelaskan pihaknya tengah gencar-gencarnya mengingat program ini sudah berjalan dan waktunya terbatas.

"Strategi kita untuk sosialisasi selain kita secara mandiri juga bekerja sama dengan asosiasi- asosiasi," kata dia.

Sementara untuk kemudahan pelaporan pajak itu sendiri di KPP Pratama Pontianak membuat inovasi meluncurkan Aplikasi pantau nomor  antrian .

"Aplikasi pantau nomor  antrian maksudnya ketika wajib pajak lapor SPT masa atau ingin memperoleh layanan pajak di Tempat Pelayanan Terpadu harus ambil nomor antrian via mesin antrian. Untuk memberi layanan pada wajib pajak, kami membuat aplikasi agar wajib pajak dapat memantau pelayanan sudah sampai nomor berapa. Jadi wajib pajak tidak harus menunggu di kantor pajak tapi dapat melakukn aktifitas lain dan baru datang ketika pelayanan telah mendekati nomor antriannya," kata dia.

Ia menambahkan  sejauh ini baru KPP Pratama Pontianak yang berinovasi seperti itu. Menurutnya aplikasi tersebut dibuat oleh Eko Yudhi Prastowo yang merupakan Accoubt Representative Waskon II KPP Pratama Pontianak.

"Saat ini telah tersedia aplikasi Pemantauan Nomor Antrian di TPT via android. Silakan download aplikasinya di playstore," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016