Pontianak (Antara Kalbar) - Kota Singkawang merupakan salah satu kota yang terpilih untuk pemutaran "film inspiratif", yang bertajuk Persemaian nilai budaya sebagai penguat karakter bangsa.

"Sebenarnya ini merupakan program Kementerian, tapi kita mendapat kesempatan untuk melakukan pemutaran film itu," kata Kepala Dinas Pendidikan Singkawang, HM Nadjib, di Singkawang, Jumat.

Dikatakan Nadjib, ada sebanyak 23 kabupaten/kota se-Indonesia yang mendapat kesempatan untuk melakukan pemutaran film tersebut.

Di antaranya, terang Nadjib, khusus daerah Kalimantan terdiri dari, Kota Singkawang, Kabupaten Kapuas, dan Kabupaten Kutai Kertanegara.

Sedangkan untuk daerah Sulawesi, yakni, Kota Tomohon, Kabupaten Boalema, Kota Parepare, dan Kabupaten Kolaka.

Untuk di Singkawang, film itu akan diputar di Balairung Kantor Wali Kota setempat, pada Sabtu, 13 Agustus 2016.

Pemutaran film ini, jelas Nadjib, dibagi dua sesi. Dari pukul 07.45 - 11.45 wib, ditonton para guru sebanyak 600 orang. Kemudian, dari pukul 12.45 - 17.45 wib, ditonton para siswa sebanyak 700 orang.

"Untuk siswa yang diundang hanya SD dan SMP. Yang SD, dari kelas 4,5, sampai 6, sedangkan SMP, dari kelas 7 sampai 8," tuturnya.

Menurut Nadjib, pemutaran film inspiratif ini merupakan tahun ke-5. Tujuannya, jelas Nadjib, pertama, menumbuhkan nilai-nilai dan pembentukan karakter bangsa bagi pelajar dengan menggunakan media audiovisual.

"Kedua, memberikan kesempatan pelajar di daerah, untuk menonton film berkualitas, serta menginspirasi dan merangsang pelajar untuk berdiskusi mengenai nilai baik yang terdapat pada film tersebut. Ketiga, membangun kesadaran pemuda dan tokoh masyarakat lokal tentang pentingnya menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter bangsa," katanya.



(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016