Badau (Antara Kalbar) - Ratusan bendera merah putih telah dikibarkan di sepanjang jalan di sekitar Pos Pemeriksaan Lintas Batas Indonesia - Malaysia di Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Sabtu.

Dandim 1206 Putussibau Letkol Kav Budiman Ciptadi menuturkan, pengibaran bendera tersebut dalam rangka HUT ke-71 Kemerdekaan RI.

"Sekaligus persiapan pelepasan tim merah putih yang akan mengibarkan sebanyak 17. 845 bendera di sepanjang garis perbatasan Indonesia - Malaysia di wilayah Kalimantan Barat yang akan dimulai di PPLB Nanga Badau," kata dia.

Ia menjelaskan tim merah putih Kalbar beserta komunitas motor tril akan dilepas oleh Kasdam XII Tanjung Pura Brgjen TNI Ahmad Supriadi beserta Danrem Abw 121 Brigjen TNI Widodo Iriansyah dan rombongan.

Ia menambahkan, pemasangan bendera merah putih dimulai dari Nanga Badau dan berakhir di Temajuk Kabupaten Sambas.

Pengibaran belasan ribu bendera tersebut akan dicatat di rekor MURI Indonesia di perbatasan Indonesia - Malaysia wilayah Kalimantan Barat.

"Melalui momentum tersebut kita tunjukan kita ada di sepanjang perbatasan, jangan sampai Negara kita terus di injak - injak," tegasnya.

Ia mengatakan, dalam rangka HUT RI kali ini akan dilaksanakan juga upacara bendera di seluruh PPLB di wilayah Kalimantan Barat.

Kemudian ada pernyataan sikap dari kader bela negara terdiri dari tokoh masyarakat di daerah perbatasan.

Sementara itu, Rinto salah satu warga perbatasan mengungkapkan kebanggaannya terhadap bangsa Indonesia. Apalagi menurut Rinto kegiatan seperti itu baru pertama kali dilaksanakan di daerah perbatasan.

"Apapun yang terjadi kami sebagai warga Indonesia yang berada di perbatasan siap mempertaruhkan jiwa raga untuk tetap mempertahankan keutuhan NKRI, bagaimanapun juga NKRI harga mati," tegas Rinto semangat.


(T.KR-TFT/T011)

Pewarta: Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016