Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak 185 pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mendapatkan penghargaan Satyalencana Karya Satya, yang disampaikan langsung oleh Gubernur Kalbar, Cornelis.

"Penghargaan Satyalencana Karya Satya ini sebagai penghargaan yang diberikan kepada pegawai yang dianggap bekerja dengan baik. Saya harapkan ini menjadi motivasi bagi pegawai lainnya, agar bisa bekerja lebih baik lagi dan jadikan contoh yang baik," kata Cornelis di Pontianak, Senin.

Diingatkannya juga penghargaan yang diberikan tidak hanya sekedar logam yang disematkan saja. Akan tetapi, itu merupakan penghargaan pemerintah kepada PNS yang telah menunjukkan pengabdian selama bertugas dan prestasi yang sudah diperoleh pegawai.

"Ini komitmen Pemprov untuk memberikan penghargaan kepada PNS," tuturnya.

Cornelis menyebutkan, penghargaan itu diberikan menjadi rutinitas setiap menyambut kemerdekaan RI, dimana pemberian penghargaan itu berdasarkan surat keputusan Presiden nomor 22/TK/Tahun 2016.

Untuk tahun ini, ada 185 PNS Pemprov Kalbar yang dianugerahkan tanda Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI. Jumlah itu terbagi 62 orang untuk masa mengabdi 30 tahun, 103 orang dengan masa pengabdian 20 tahun dan 20 orang masa pengabdian 10 tahun.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Pemerintah Provinsi Kalbar Kartius mengatakan memiliki perasan strategis dalam mengurus negara. Karena itu, lanjut dia, pegawai perlu diberikan penghargaan dan motivasi agar menjalankan tugasnya dengan baik.

"Jadi jangan tidak produktif usai menerima penghargaan ini. Jalankan tugasnya dengan baik," katanya.

Kartius menyebutkan persyaratan penerima penghargaan itu di antaranya tidak pernah dijatuhi hukum disiplin dan rajin.

"Untuk kerajinan bisa dilihat dari absensi sidik jari. Kalau pemalas untuk apa dikasih penghargaan," tuturnya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016