Ngabang (Antara Kalbar) – Masyarakat tampak antusias menyaksikan kompetisi Merdeka Offroad 2016 yang digelar di Bukit  Seha, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak pada 19-21 Agustus. Kompetisi itu digelar untuk memeriahkan HUT ke-71 RI oleh Indonesia Offroad Federation Provinsi Kalimantan Barat.
    Selain ajang olahraga otomotif, kegiatan itu juga sebagai ajang pengenalan objek wisata di Kabupaten Landak.
    Ketua Indonesia Off-Road Federation  (IOF) Kalbar Adrianus Asia Sidot mengatakan, Merdeka Offroad merupakan event tetap untuk memeriahkan HUT Kemerdelaam RI.
    "Hampir semua daerah  memiliki offroader, untuk pengurus IOF sendiri ada  beberapa kabupaten yang belum terbentuk seperti  Sintang, Kapuas Hulu, Sambas dan Bengkayang," kata Adrianus yang juga Bupati Landak ini. Namun secara keseluruhan, olahraga tersebut terus berkembang di Kalbar.
    Ia mengakui, untuk peserta ada yang sudah cukup lama berkecimpung di olahraga tersebut, juga ada yang baru. "Mungkin yang punya kendaraan ada yang dijual dan ada yang perbaikan sehingga saat ada event tidak bisa ikut turun," kata Adrianus.
    Ia menambahkan, event olahraga offroad setiap digelar di Kalbar dan salah satunya di  Kabupaten Landak menjadi tontonan masyarakat. Sehingga hal ini salah satu menjadi potensi pengembangan wisata seperti yang digelar di bukit Sehaq.
    Sementara itu, Ketua Panitia Merdeka Offroad 2016 Gusti Agus Kurniawan, mengatakan, adapun jumlah  peserta 20 orang.
    "Kita bersyukur di hari bahagia ini khususnya dalam HUT ke71 RI, kita bisa berkumpul dan menyelenggarakan Merdeka Offroaddi Kabupaten Landak," kata Agus Kurniawan.
    Agus mengatakan, adapun kelas yang dilombakan ada dua jenis, pertama kelas Racing Adventure (Standart), dan kedua kelas Adventure Competition (Ekstrim).

Pewarta: Kundori

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016