Pontianak (Antara Kalbar) - Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pemangkat memberikan bantuan berupa sarana penangkap ikan kepada sejumlah nelayan di Pemangkat, Sambas yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB).

"Bantuan yang telah diserahkan tersebut merupakan sarana penangkapan ikan yang sudah didesain ramah lingkungan serta mudah digunakan dan dioperasikan oleh nelayan. Sehingga dapat menjaga biota dan ekosistem yang terdapat di laut sebagai sumber penghasilan nelayan," ujar Kepala PPN Pemangkat, Sarwono saat dihubungi di Sambas, Kalbar, Sabtu.

Sarwono menjelaskan bntuan yang diberikan terdiri atas gill net milenium atau jaring dengan panjang 2.000 meter untuk dua kelompok dengan masing-masing satu kelompok memperoleh 1.000 meter yang diserahkan kepada KUB Terigas dan KUB Rumput laut asal Kecamatan Pemangkat.

"Kita juga ada berikan bantuan berupa GPS sebanyak 10 unit yang diserahkan kepada 3 kelompok penerima, masing-masing KUB Tawakal Pemangkat dan KUB Sinar Laut bersama KUB Harapan kecamatan Jawai," tuturnya.

Ia mengatakan apa yang telah dibantu tersebut akan dimonitoring agar tidak diperjual belikan oleh nelayan agar maksud dan tujuan pemberian bantuan tepat sasaran.

"Kita mengharapkan bantuan yang telah diserahkan tersebut supaya dapat dimanfaatkan oleh para nelayan, sesuai dengan peruntukannya serta dapat dipelihara dan dijaga," katanya.

Ia menambahkan juga bahwa bantuan yang diserahkan merupakan amanat khususnya dari Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

"Semoga dengan bantuan tersebut dapat meningkatkan pendapatan nelayan," ujarnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016