Pontianak  (Antara Kalbar) - Seekor buaya muara jantan sepanjang tiga meter berhasil dievakuasi Tim Gugus Tugas Penyelamatan TSL Seksi Wilayah III Singkawang dari kediaman warga di Desa Sungai Duri, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang.

"Buaya dewasa ini dalam kondisi sehat, dan berhasil kita evakuasi pada Senin kemarin," kata Kepala Seksi III Singkawang BKSDA Kalbar, Agus Arianto, Kamis.

Agus mengatakan, buaya muara jantan ini merupakan peliharaan Romi (27), dan diserahkan secara sukarela kepada BKSDA Kalbar.

Menurut pengakuan Romi, katanya, bahwa buaya tersebut diperoleh dari teman ayahnya pada 2013 silam, dengan ukuran waktu itu masih sekitar satu meter panjangnya.

Kemudian, oleh saudara Romi buaya tersebut dipelihara selama 3 tahun termasuk secara rutin diberi makan ayam.

Atas kesadarannya, lanjut Agus, pemilik secara sukarela menyerahkan buaya tersebut ke Seksi Singkawang III BKSDA Kalimantan Barat.

"Atas permintaan saudara Romi itulah, tim bergerak dan selanjutnya Tim Gugus tugas evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW III Singkawang Kementerian LHK bergerak cepat untuk melakukan evakuasi," tuturnya.

Saat ini, kata Agus, buaya muara tersebut sudah dievakuasi oleh Tim Gugus Tugas Penyelamatan TSL Seksi Wilayah III bersama Manggala Agni Singkawang dan Tim Sinka Zoo.

"Selanjutnya, buaya tersebut sudah dititipkan di Lembaga Konservasi Sinka Zoo Singkawang untuk di rawat," kata Agus.
(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016