Pontianak (Antara Kalbar) - Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kalbar Sudirman HMY mengatakan akan mengembangkan wisata halal di Pontianak dalam rangka pengembangan ekonomi syariah di Kalimantan Barat.

"Insyallah di tahap awal kita akan kembangkan wisata halal di Kalbar. Namun untuk tahp awal di Pontianak khususnya di kuliner," ujarnya di Pontianak, Rabu.

Sudirman mengatakan pihaknya akan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pontianak dan dalam waktu dekat akan merancang hal tersebut.

"Saat ini tahun 2016 Kota Pontianak sudah mengeluarkan izin usaha mikro sekitar 4.000 lebih dan itu pontensial untuk mendukung wisata halal di Pontianak. Apalagi saat ini Kota Pontianak akan membuat kawasan baru wisata yakni di Sungai Jawi, semoga Pemkot dan pelaku usaha mikro bisa bekerjasama," terangnya

Ia mengatakan pihaknya yang terdiri dari berbagai unsur termasuk ada di dalamnya BPPOM dan MUI akan dapat memeperlancar wisata halal khususnya wisata kuliner dan mewujudkan di Kota Pontianak.

Sementara itu, Ketua MES Pusat, Muliaman D. Hadad dalam pelantikan MES Kalbar pada 25 September 2016 di Pontianak mendorong MES Kalbar untuk mengembangkan ekonomi berbasis syariah di Kalbar.

"Wisata halal satu di antara ekonomi syariah yang potensial untuk dikembangkan di Pontianak. Hal itu mengingat banyak pihak dan dampaknya yang luas jika itu dikembangkan," terangnya.

Ia berharap dengan adanya kepengurusan MES di Kalbar ke depan ekonomi syariah di wilayah ini berbagai sektor bisa tumbuh dan memberikan manfaat yang luas bagi perekonomian Kalbar secara umum.


Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016