Sambas (Antara Kalbar) - Sebanyak 224 jamaah haji asal Kabupaten Sambas, telah tiba di Sambas, kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Syariah Kementerian Agama Kabupaten Sambas, Juanda.

"Saat ini seluruh jamaah asal Sambas selamat kembali ke kampung halaman sama dengan jumlah pada saat berangkat ke Tanah Suci Mekkah," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Senin.

Ia menjelaskan jamaah asal Sambas berangkat dari Pontianak untuk pulang ke Sambas pada pukul 06.30 WIB dan tiba di Kecamatan Selakau pada pukul 11.00 WIB.

"Jamaah haji yang tiba di Kabupaten Sambas yang berasal dari Selakau dan Selakau Timur langsung turun di Masjid Amanabillah dan kembali ke desa asalnya masing-masing," tuturnya.

Sedangkan untuk jamaah yang berasal dari Kecamatan Pemangkat, Jawai, Jawai Selatan dan Salatiga diturunkan di mesjid Baitusuhada Desa Lonam Kecamatan Pemangkat.

"Jamaah yang berasal dari Semparuk diturunkan di mesjid besar Semparuk. Jamaah asal kecamatan Tebas dan kecamatan Tekarang langsung disambut di mesjid Al Manar Tebas, selebihnya jamaah kecamatan Sebawi, Sambas, dan yang lainnya disambut di masjid Babul jannah Sambas," jelas Juanda.

Dikatakannya kedatangan jamaah asal Kabupaten Sambas disambut langsung oleh Wakil Bupati Hairiah di Mesjid Amanabillah Selakau. Sebelumnya dikatakan oleh Juanda, Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili jamaah haji asal Kabupaten Sambas saat tiba di Batam Kepulauan Riau, juga telah menyambut kedatangan jamaah asal kabupaten Sambas.

"Dua hari lalu jamaah telah tiba di Batam. Setelah dari Batam, jamaah bertolak kembali ke Pontianak dan Senin pagi ini jamaah seluruhnya kembali ke Kabupaten Sambas dalam kondisi sehat," kata dia.

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016