Ketapang (Antara Kalbar) - Sebanyak 11 kapal layar atau Yacht Rally dari 37 kapal layar yang akan merapat di dermaga Tempat Penampungan Ikan (TPI) di Desa Sukabangun Dalam, Kecamatan Delta Pawan dalam rangka kegiatan Wonderful Sail 2 Indonesia telah tiba di dermaga TPI Sukabangun Ketapang.
   
Kepala Dinas Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ketapang, Yulianus mengatakan kegiatan Wonderful Sail 2 Indonesia merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Pusat melalui Kementrian Pariwisata.
   
Salah satu rangkaian kegiatannya kapal-kapal layar dari berbagai negara singgah di Ketapang sejak tanggal 5 hingga 9 Oktober 2016.
   
"Informasi dari Kementrian yang kami dapat, ada sekitar 37 kapal layar dari berbagai negara yang akan singgah di Ketapang, kapal yang sudah datang baru 5 kapal yang berasal dari negara Prancis, Australia dan juga Swedia," kata dia.
   
"Sedangkan informasi terbarunya akan ada 6 kapal lagi yang akan tiba di dermaga Sukabangun Ketapang, jadi total sampai Rabu kemarin, sekitar 11 kapal layar yang sudah tiba," jelasnya.
   
Pemerintah melalui dinas pariwisata menyambut baik dengan dilaksanakan kembali kegiatan Wonderful Sail 2 Indonesia tersebut, apalagi tahun sebelumnya Ketapang juga masuk dalam rute rangkaian kegiatan yang merupakan agenda tahunan tersebut.
   
"Pemerintah dan masyarakat senang, karena Ketapang masuk dalam rute kegiatan rutin tahunan tersebut, dan kita siap menyambut berbagi pelayar dari berbagai negara yang akan singgah dan berkunjung ke Ketapang," ucapnya
  
Lebih lanjut ia mengatakan, kalau di Ketapang sendiri akan di isi acara hiburan yang menarik dalam kegiatan Wonderful Sail 2 ini. Diantaranya kegiatan Pentas Seni Tari Dayak Kreasi dan berbagai kegiatan dan hiburan menarik lainnya serta memperkenalkan potensi wisata dan kekayaan budaya produk unggulan yang dimiliki Ketapang.
   
Selain melalui produk unggulan, ia juga mengaku akan memperkenalkan Ketapang melalui potensi destinasi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Ketapang lantaran kegiatan Wondeful Sail 2 dinilai sangat tepat sebagai wadah untuk mempromosikan wisata Ketapang ke Dunia luar.
   
"Pemerintah Ketapang berharap kedepan kegiatan Wonderful Sail 2 Indonesia dapat menjadi ajang promosi Ketapang baik dari segi produk unggulan hingga wisata agar Ketapang semakin dikenal, sehingga kedepan para wisatawan asing dapat terus berkunjung ke Ketapang dan dapat berdampak pada penambahan pendapatan maupun membantu perekonomian masyarakat jika banyak wisatan yang datang ke ketapang," ujarnya.

Pewarta: John

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016