Pontianak  (Antara Kalbar) - Dinas Perhubungan, komunikasi dan informatika Kalimantan Barat menyatakan terus melakukan koordinasi dengan instansi yang akan mengikuti kegiatan Sail Karimata di Kabupaten Kayong Utara, terkait teknis keberangkatan menuju lokasi kegiatan.

"Untuk Persiapan keberangkatan ke Sail Karimata dikoordinasikan dari beberapa instansi yang berangkat dalam rentang waktu 10 sampai 12 Oktober dengan menggunakan transportasi darat. Hal ini mengantisipasi adanya kendaraan liar yang masuk," kata Kepala Dinas Hubkominfo Kalbar, Anthony Runtu di Pontianak, Kamis.

Dia menjelaskan, nantinya akan ada dua jalur alternatif yang menjadi pintu masih bagi tamu luar negeri yang menggunakan yacht atau kapal pesiar. Pertama melalui pintu Pelabuhan Tanjungpriok, atau langsung menyusuri jalur pantai dan tiba di Sukadana.

"Informasinya di lapangan, saat ini sudah ada beberapa Yacht dari luar yang bersandar di Sukadana. Mereka nantinya juga akan mengikuti kegiatan Sail Karimata," tuturnya.

Setidaknya ada 11 Yacht Rally dari 37 yang akan merapat di dermaga Tempat Penampungan Ikan (TPI) di Desa Sukabangun Dalam, Kecamatan Delta Pawan dalam rangka kegiatan "Wonderful Sail 2 Indonesia" telah tiba di Ketapang.

Kemudian, lanjut dia, tamu yang akan datang melalui jalur transportasi udara bisa terbang dari Jakarta langsung ke Ketapang. Kemudian dari Ketapang, berangkat menggunakan jalur darat menuju ke Kayong Utara, sebagai pusat pelaksanaan Festival Sail Karimata.

Dirinya juga mengatakan, pada rapat yang belum lama ini dilakukan pihaknya bersama beberapa instansi terkait, juga dibahas mengenai Pembahasan Materi Pameran dan Persiapan Keberangkatan ke Sail Karimata.

"Materi pameran dari masing-masing instansi yang akan dikumpulkan paling lambat hari Jumat, besok. Adapun materi pameran tersebut berupa film, brosur, jurnal, majalah, miniatur ataupun bendera," katanya.

Namun, dikarenakan terbatasnya luas dari tempat stand pameran maka materi pameran yang dikumpulkan dari masing-masing instansi akan diseleksi.

"Kita juga mengimbau, untuk pihak/instansi yang ingin membawa personel harap diberikan daftar nama untuk dibuatkan ID Card, hal ini dikarenakan setiap orang yang masuk dalam acara Sail Karimata akan diperiksa," kata Anthony.

(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016