Sambas (Antara Kalbar) - Kementerian Pariwisata terus berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan melalui berbagai program salah satunya Festival Wonderful Indonesia (FWI) di Sajingan, Kabupaten Sambas.

"Rencananya kegiatan yang berlangsung di Pos Lintas Batas Aruk, Sajingan, Sambas tersebut akan akan dilaksanakan pada tanggal 5-6 November 2016. FWI merupakan program Kemenpar RI dalam rangka meningkatkan aktivitas industri pariwisata Indonesia," ujar

Kabid Festival Pasar Asia Tenggara Festival Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata RI Eddy Susilo saat dihubungi di Sambas, Jumat.

Ia menambahkan bahwa FWI di Sajingan merupakan salah satu program unggulan Kemenpar tahun ini. Menurutnya, sesuai arahan Menteri Pariwisata pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 12 juta orang.

"Target tahun ini kunjungan wisman yakni harus meningkat 20 persen dibanding capaian kunjungan wisman sebesar 10,4 juta orang pada tahun 2015," tuturnya.

Ia menargetkan dengan pergelaran FWI di Sajingan Sambas, akan mampu menarik minat wisman dari Malaysia Timur dan Brunai Darussalam. Menurutnya dalam kegiatan tersebut akan ada sejumlah rangkaian kegiatan seperti hiburan rakyat dan pergelaran lainnya.

"Berkaca pada kegiatan festival sebelumnya mampu menarik 3.330 wisman asal Malaysia. Jadi kami optimistis kali ini bisa menarik wisman hingga 15 ribu lebih," kata dia.

Lanjut Eddy, Kemenpar ingin agar wisata menjadi unggulan masyarakat dalam meningkatkan ekonominya. Menurutnya, berdasarkan data yang ada bahwa pariwisata adalah penyumbang devisa terbesar ke empat dan penyumbang PDB.

"Sektor pariwisata di Indonesia juga mampu menyerap tenaga kerja sekitar 9,9 juta. Sehingga dengan dampak yang luas maka Kemenpar terus meningkatkan pengembangan potensi daerah di Indonesia termasuk di Sambas," ujarnya.


(U.KR-DDI/T011)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016