Pontianak  (Antara Kalbar) - Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Casper Klynge saat melakukan kunjungan kerja di Kota Pontianak, Jumat, ikut mengkampanyekan bersepeda sebagai transportasi ramah lingkungan.

Casper Klynge di Pontianak, mengaku senang mengikuti kegiatan funbike bersama komunitas pesepeda di Kota Pontianak tersebut, sebagai salah satu kampanye, bahwa sepeda sebagai transportasi ramah lingkungan.

"Ini adalah kunjungan pertama saya ke Kalimantan Barat, terutama Kota Pontianak, saya senang bisa bersepeda bersama komunitas sepeda yang ada di sini," ujarnya.

Casper mengatakan, kegiatan "Viking Biking Indonesia" ini dalam rangka mempromosikan bersepeda sebagai moda transportasi sehat dan ramah lingkungan.

Funbike yang bertajuk "Viking Biking Indonesia" itu dilepas Wali Kota Sutarmidji di depan Kantor Wali Kota, dengan rute mulai dari Jalan Rahadi Usman menuju Jalan Tamar, Nurali, Jenderal Urip, HOS Cokroaminoto, Diponegoro, Tanjungpura, dan kembali ke depan Kantor Wali Kota Pontianak.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyambut baik digelarnya funbike itu dengan mengajak komunitas sepeda mengkampanyekan transportasi yang sehat dan ramah lingkungan tersebut.

"Kota Pontianak berpenduduk 650 ribu jiwa, tetapi penggemar sepeda masih di bawah satu persen," katanya.

Menurut dia, masih sedikitnya para pengguna sepeda sebagai transportasi sehari-hari lantaran cuaca di Kota Khatulistiwa ini cukup panas dan menyengat. Untuk itu, pihaknya ke depan akan mendesain trotoar selebar-lebarnya dengan tanaman peneduh.

"Kita ingin belajar banyak dari Denmark bagaimana mereka bisa mengajak warganya bisa membangun kebersamaan dalam bersepeda," kata Edi.

(U.A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016