Putussibau (Antara Kalbar) - Apel Nusantara bersatu di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat diwarnai atraksi barongsai yang dimainkan anggota TNI Batalion Raider Khusus 644/Walet Sakti Putussibau.

Apel Nusantara bersatu tersebut dipimpin Bupati Kapuas Hulu yang dihadiri sekitar 1. 000 orang peserta di halaman Kantor Bupati Kapuas Hulu di jalan Antasari Kota Putussibau, Rabu.

Dandim 1206/Psb Letkol Inf Ibnu mengatakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan rasa nasionalisme dari seluruh kalangan.

"Kegiatan Nusantara bersatu ini melibatkan seluruh elemen dari pemerintah, para tokoh, ormas dan kalangan pelajar," kata Ibnu ditemui usai kegiatan.

Menurut dia nusantara bersatu itu merupakan kegiatan positif sehingga sosialisasi pentingnya arti persatuan dan kesatuan mesti terus dilakukan hingga ke lapisan masyarakat.

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Sudarmin menuturkan hingga saat ini persatuan dan kesatuan NKRI di wilayah Kapuas Hulu tetap terjaga.

"Kita sudah melakukan beberapa langkah bersama dengan pemerintah dan para tokoh masyarakat sehingga masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan setiap isu yang berkembang," jelas Sudarmin.

Sementara itu Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir mengimbau agar persatuan dan kesatuan yang selama ini terbangun dengan baik di Kapuas Hulu harus terjaga.

"Pertahankan kondisi yang selama ini sudah aman dan kondusif," tegas Nasir.

Selain itu Nasir juga berpesan agar masyarakat Kapuas Hulu tidak terpancing oleh isu yang ingin memecah belahkan persatuan dan kesatuan.

"Kegiatan nusantara bersatu ini mengingatkan kembali pentingnya arti persatuan dan kesatuan NKRI dan harus tetap terus disosialisasikan," kata Nasir.

Pewarta: Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016