Pontianak (Antara Kalbar) - PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat (Bank Kalbar) mengeluarkan tips yang aman dalam menggunakan fasilitas anjungan tunai mandiri (ATM).
    Untuk kartu dan personal identifikacion number (PIN) :
    1. Lindungi ATM, kartu kredit dan kartu debit Anda dari kerusakan dengan menyimpannya di tempat yang aman, jangan sampai bengkok atau tergores.
    2. Hapalkan nomor PIN Anda, jika Anda harus mencatatnya, jangan disimpan di dompet, tas, phonebook ponsel atau ditempelkan di kartu.
    3. Saat memilih nomor PIN, hindari nomor-nomor atau huruf yang mudah ditebak. Jangan gunakan inisial, tanggal lahir, nomor telepon atau kombinasinya.
    4. Jika kehilangan kartu Anda – Hubungi Call Center Bank Kalbar (0807-1-888-123), dan segera lakukan pemblokiran
    5. Saat bepergian, disarankan untuk hanya membawa satu kartu ATM dan hapalkan nomor PINnya.
    6. Ganti PIN ATM anda secara berkala

    Saat menggunakan ATM
    Waspadai kondisi sekitar
    1. Jika Anda menemukan tanda - tanda mesin ATM secara fisik rusak, berubah atau ditempelkan alat tertentu, atau kabel yang terlepas, laporkan segera kepada Bank Kalbar terdekat atau Call Center Bank Kalbar dan gunakan ATM lainnya.
    2. Lihatlah kondisi sekitar dan perhatikan keadaan sekitar Anda,jika pencahayaan ATM sangat temaram, gunakan ATM lain.
    3. Tutup area keyboard / Pinpad saat anda memasukkan PIN ATM
    4. Jangan menghitung uang saat Anda berdiri di depan ATM segera masukkan uang, kartu dan slip transaksi kedalam dompet / tas Anda.
    5. Batalkan transaksi dan segera tinggalkan lokasi ATM jika Anda mecurigai sesuatu.
    6. Jangan tinggalkan kunci atau benda berharga lain di dalam mobil saat menggunakan ATM dan jangan meninggalkan mobil dalam kondisi mesin menyala tanpa penjagaan.
    7. Simpan kartu dan bukti transaksi
    8. Setelah selesai transaksi ATM atau debit, segera minta Kembali kartu Anda.
    9. Jangan tinggalkan slip ATM bawa dan simpanlah. Ini adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari pemakaian tanpa izin, dan membuat pelacakan penggunaan lebih mudah bagi Anda.
   10. Saat kartu Anda tertahan di dalam ATM, curigailah segala bentuk tawaran bantuan. Para kiminal bisa mendapat PIN Anda dengan beragam cara (mengintip dari balik pundak, atau bertanya langsung), lalu kemudian mengambil kartu yang tertahan tadi dan menggunakannya untuk menarik dana. Laporkan segera insiden ini ke bank baik dengan mengunjungi kantor cabang terdekat atau melalui telepon Call Center Bank Kalbar.

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016