Pontianak (Antara Kalbar) - Komoditas yang peduli wisata Kalimantan Barat yang dikenal Jejaring Wisata (Jewita) gencar mempromosikan potensi wisata di antara cara yang dilakukan adalah dengan menggelar berbagai lomba bertema wisata.

"Setelah kita sukses menggelar sebanyak enam kali lomba selfie wisata tahun lalu, kami dari Jejaring Wisata Kalimantan Barat kembali menggelar kegiatan serupa tahun ini," ujar Ketua Panitia Pesona Wisata Kalbar 2017 yang juga merupakan Sekretaris Jewita Kalbar, Dedi Khanza di Pontianak, Senin.

Namun tidak hanya lomba selfie saja, mengambil tema `Pesona Kalbar 2017`, Jewita juga mengadakan lomba fotografi, lomba blog dan lomba video pendek dengan hadiah yang lebih menarik.

Ada empat kategori lomba berkaitan dengan promosi wisata yang akan Jewita gelar, yaitu; lomba selfie, fotografi, video pendek, dan penulisan blog. Jewita menggandeng berbagai komunitas dalam penyelenggaraan lomba-lomba tersebut.

Lomba fotografi akan menggandeng Pewarta Foto Indonesia Pontianak. Kontes video pendek menggandeng Pon TV. "Sedangkan untuk kompetisi blog kami berkolaborasi dengan komunitas Blogger Borneo," ujar ketua panitia, Dedi.

Setiap kategori lomba masing-masing mendapatkan hadiah, yakni juara I adalah Rp2 juta, Juara II sepeda gunung dan juara II voucher menginap di hotel bintang empat plus uang tunai Rp500 ribu. Setiap kategori juga ada hadiah untuk pemenang harapan.

Lomba yang disponsori oleh Bank Indonesia Kalbar, Wali Kota Pontianak Sutarmidji dan Perhimpunan Hotel dan Restoran dan lainnya akan dimulai selama 15 Januari-15 Februari 2017. Lomba yang didukung pula oleh Kantor Berita Antara dan sejumlah media massa lain ini juga terbuka untuk umum. Adapun para peserta tidak ditarik biaya pendaftaran alias gratis.

"Syarat dan ketentuan lomba dapat dilihat di www.jewita.com dan Fanpage Facebook Jejaring Wisata Kalimantan Barat, serta akun Instagram Jejaring_Wisata_Kalbar," kata dia.

Dedi memaparkan adapun tujuan lomba ini adalah untuk mengajak masyarakat untuk mempromosikan dan andil dalam kemajuan kepariwisatan Kalbar. Selain itu mendata dan memetakan objek wisata dari seluruh Kalbar, baik wisata alam, budaya, religi, kuliner, hiburan dan lainnya.

Menurut dia. industri pariwisata kian menjadi primadona bagi banyak negara, di tengah melesunya sektor komoditas dalam perdagangan dunia.

"Kembali untuk agenda Pesona Wisata Kalbar 2017 kita juga akan ada seminar pariwisata yang bekerjasama dengan KPw BI Kalbar. Semoga apa yang kami gelar ini bisa memberikan kotribusi untuk kemajuan daerah khususnya pariwisata dan ekonomi masyarakat" kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017