Pontianak  (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengembangkan konsep membangun dari pesisir untuk mempercepat pembangunan daerah pesisir yang selama ini sangat tertinggal.

"Saya sangat mengerti betul bahwa Daerah Kubu Raya memiliki pesisir yang sangat luas. Untuk itu, saya juga sangat fokus pada pembangunan pesisir Kubu Raya dengan konsep membangun dari pesisir," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Minggu.

Dirinya menyadari, membangun pesisir membutuhkan konsep perencanaan yang matang. Untuk itu dirinya mengunjungi wilayah pesisir Kubu Raya untuk meninjau proses pembangunan yang sedang berjalan dan sekaligus mencari solusi program bagi masyarakat pesisir Kubu Raya.

Sampai saat ini, program untuk membangun pesisir telah banyak dilakukan baik itu program dari Pemerintah Kubu Raya lewat berbagai instansi yang ada baik melalui Dinas Kelautan dan Perikanan maupun instansi lain yang memiliki program untuk masyarakat pesisir.

Disamping itu, Pemerintah Kubu Raya juga mengarahkan program-program diluar Kubu Raya untuk membangun pesisir. Seperti program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui program CCDP-IFAD yang saat ini sudah dirasakan masyarakat manfaatnya.

"Kita ingin masyarakat kita di pesisir Kubu Raya ini juga maju, sejahtera, ekonominya baik dan pendidikan anak-anak mereka terjamin. Untuk itu kita hadir disini, kita berdiskusi bersama dengan masyarakat kita disini, untuk melihat program yang tepat yang dapat kita sandingkan dengan program kita yang sudah berjalan," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menggandeng semua instansi baik pusat maupun daerah untuk bersama-sama kita membangun daerah pesisir Kubu Raya.

Rusman Ali mengatakan saat ini program CCDP-IFAD telah membawa dampak yang signifikan bagi peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat pesisir kita yang menjadi daerah binaan. Disamping program tersebut, Pemerintah Kubu Raya juga memiliki banyak program untuk membangun pesisir melalui dinas kelautan dan perikanan Kubu Raya.

"Kita memiliki banyak potensi di pesisir Kubu Raya, dimana banyak sumber daya alam yang dapat kita kelola untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita di wilayah pesisir," katanya.

Untuk itu, pihaknya akan membuat program yang bertujuan untuk meningkatkan SDM masyarakat, sehingga dapat lebih aktif dan kreatif menggali potensi yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Saat ini salah satu contohnya kita lakukan bersama CCDP-IFAD, adalah pengolahan hasil tangkap nelayan dan hasil budi daya dalam bentuk produk olahan, sehingga nilai ekonominya semakin tinggi dan beragam," kata Rusman Ali.

(U.KR-RDO/Y008)

Pewarta: Rendra Extora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017