Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili dalam apel gabungan meminta Abdi Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas untuk menjadi teladan dan pelopor dalam semua ketertiban di tengah-tengah masyarakat, seperti tertib berlalu lintas.

"Seluruh PNS di Sambas diimbau untuk tertib berlalu lintas baik mengendarai roda dua ataupun beroda empat. PNS harus memberikan contoh kepada masyarakat dengan disiplin berkendara dan berlalu lintas dapat mewujudkan kondisi lalu lintas jalan yang aman dan selamat," ujarnya saat saat dihubungi di Sambas, Selasa.

Ia menambahkan terpenting juga yang harus dimiliki ASN yakni semangat inovasi karena perubahan lingkungan strategis berjalan sangat dinamis. Kemampuan bertindak dinamis katanya memerlukan penyesuaian yang tepat sehingga ASN tidak ketinggalan dan ditinggalkan oleh perubahan.

"Pemerintah Sambas berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh lapisan dan komponen masyarakat atas partisipasi aktif menyukseskan pembangunan Sambas, Jajaran Polres Sambas dengan penyelenggaraan Kamtibmas, TNI AD atas dukungan kedaulatan pangan wujudkan kemandirian pangan, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, BPN, BPS dan instansi vertikal lainnya," papar dia.

Ia menjelaskan terkait apel gabungan ASN, TNI dan Polri di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas yang digelar tanggal 17 dalam setiap bulan adalah dalam rangka menciptakan keharmonisan hubungan kerja lintas sektoral dan rasa memiliki atas Kabupaten Sambas.

"Pembangunan Kabupaten Sambas harus didukung dengan menciptakan lingkungan ketertiban yang kondusif," paparnya.

Kemudian terkait dikukuhkannya jabatan ASN beberapa waktu lalu menurutnya adalah momentum tepat dalam upaya peningkatan pelayanan publik guna merealisasikan visi Sambas yang berakhlakul karimah, unggul dan sejahtera.

"Kepada ASN yang telah dikukuhkan juga harus siap menjalankan tugas, demi peningkatan kapasitas dan kualitas kinerja dengan penuh tanggung jawab sesuai posisi dan amanah yang dilimpahkan,"jelasnya.

Ia menuturkan kaitan dengan disiplin, muaranya berimbas pada hasil kinerja, dan menjadi perhatian sekaligus poin serius. Diakui dia, masih didapati tingkat kesadaran kinerja yang relatif masih rendah.

"Penting bagi ASN dan seluruh aparatur yang digaji dengan uang rakyat berbenah diri meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat," tegas Bupati.

Termasuk mengikuti apel pagi di unit kerja masing-masing, Atbah meminta ini menjadi rutinitas yang harus mendapat perhatian seluruh jajaran ASN. Pimpinan unit kerja harus menjadikan poin apel pagi sebagai perhatian khusus.

"Atasan unit kerja harus menjadi teladan bagi bawahannya, sebagai atasan harus mampu memberikan motivasi dengan tindakan nyata, termasuk memberikan 'punishment' dan 'reward' bagi bawahan," pesan dia.
 
(KR-DDI/I006)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017