Pontianak (Antara Kalbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam rilisnya di Pontianak, Kamis, menyatakan bahwa hujan ringan akan melanda hampir merata di seluruh wilayah Kalbar.
    Kemudian hujan sedang diperkirakan akan melanda wilayah Kabupaten, Bengkayang Landak, Mempawah, Kubu Raya, Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang serta Kota Pontianak.
    Sedangkan hujan deras akan melanda dua wilayah yakni di Kabupaten Melawi dan Kabupaten  Kapuas Hulu. Guna menantisipasi hal tersebut, Pemkot Pontianak mengimbau para Camat dan  Lurah untuk lebih memperhatikan wilayah dan lingkungan masing-masing.  
    Para Camat dan Lurah juga diminta untuk menginformasikan di wilayah kerjanya tentang kondisi jalan-jalan, gang-gang dan wilayah pemukiman warga yang kemungkinan besar dilanda banjir dan tergenang.
   Terkait curahan hujan yang disertai banjir ini juga tidak kalah pentingnya semua pihak untuk memperhatikan kondisi pohon-pohon yang berdampak akan tumbang dan segera menginformasikannya ke aparat berwenang terdekat.
    Sementara, Rabu (15/2) di Kota Pontianak dan sekitarnya, curah hujan sangat deras disertai angin dan guntur yang mengakibatkan naiknya genangan air hujan dan membanjiri dataran dengan ketinggian air 5 cm - 40 cm.
    Berikut berdasarkan data BPBD Kota Pontianak beberapa titik yang tergenang air yakni di ruas Jalan A Yani, Jalan Gajah Mada Jalan WR.Supratman, Jalan Purnama, Jalan Soetoyo, Jalan Pancasila, Jalan Sumatra, Jalan Dr.Wahidin tepatnya Gang Sepakat 8, Jalan Harapan Jaya, Jalan Podomoro, Jalan Suprapto, Jalan RE Martadinata, Jalan Alianyang, Jalan Danau Sentarum, Jalan Tabrani Ahmad, Jalan Karet, Jalan Komyos Sudarso.
    Selain itu jika hujan dengan itensitas tinggi hari ini turun maka perlu diwaspadai khususnya di wilayah pemukiman warga dan ruas jalan yang masih tergenang air hujan ditambah lagi dengan pasang air sungai.
  Adapun kawasan rawan banjir dapat melanda Jalan Danau Sentarum, Gang PGA dimana sebagian rumah warga terendam banjir, Jalan Surya sebagian rumah warga kebanjiran, Jalan MT Haryono, Jalan AYani depan Mesjid Raya Mujahiddin, Jalan KH.Ahmad Dahlan depan kantor pajak Pratama dan SPBU.
   Kemudian di Jalan Harapan Jaya disini rumah warga rawan terendam banjir, Jalan Ampera dan rumah warga terendam banjir. Jalan Pak Benceng dan sebagian rumah warga terendam air dan terakhir di Jalan Uray Bawadi yang juga rawan banjir.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017