Pontianak (Antara Kalbar) - Sebuah Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di depan reras rumah "Tukang Gigi Agus" di Kecamatan Pontianak Barat atau tepatnya di Jalan Komodor Yos Sudarso berhasil merekam tindak kejahatan pencurian sepeda motor (Curanmor). Pelaku berhasil digagalkan dan ditangkap polisi sekitar pukul 22.00 Wib, Selasa (14/2) kemarin.

Kapolsek Pontianak Barat, Kompol Saloom Pardamean Silaban membenarkan kejadian tersebut dan pihaknya telah melakukan penangkapan terhadap seseorang yang diduga kuat melakukan tindak pidana percobaan pencurian sepeda motor.

"Saat kejadian tersangka Rinaldo alias Ipo (22) warga Desa Peniti Luar mencoba mencuri sepada motor jenis matic merk Yamaha Mio sporty warna biru dengan plat KB 2475 SQ yang sedang parkir di teras. Namun tampa disadari, aksi tersangka terekam CCTV milik korban," papar Kapolsek Pontianak Barat, Kompol Saloom di Pontianak, Kamis.

Ia menambahkan, dalam aksinya pada saat itu pelaku sedang berpura-pura menelpon diatas sepeda motor korban.

"Saat berada di atas sepeda motor korban itulah pelaku ternyata sambil berusaha membuka kontak sepeda motor milik korban dengan menggunakan sebuah gunting. Karena sudah mengetahui motornya akan dicuri, korban sempat ingin melakukan penangkapan. Namun tersangka berhasil kabur melarikan diri," sebutnya.

Tapi mungkin lagi apes, tersangka berhasil diamankan warga saat baru sekitar 500 meter dari rumah korban. "Pelaku berhasil diamankan warga dan oleh warga tersangka langsung diserahkan ke kami untuk di proses lebih lanjut," ujarnya.

Selain tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa
satu unit sepeda motor merk Yamaha mio sporty warna biru dengan plat motor KB 2475 SQ dan satu buah gunting besi dengan panjang gunting 6 cm.

"Dari hasil pemeriksaan kami sementara, tersangka mengakui memang memiliki niat untuk mengambil sepeda motor tersebut dan untuk pelaku jual untuk biaya hidup keluarga," pungkasnya.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017