Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Landak terpilih, Karolin Margret Natasa mengharapkan dalam penyusunan Musrenbang Kabupaten Landak tahun 2018 juga bisa mengakomodir upaya peningkatan Indeks pembangunan manusia (IPM) sebagai modal dasar pembangunan bagi kabupaten itu.

"Program fisik memang diperlukan masyarakat dalam penyusunan musrenbang, namun yang tidak kalah pentingnya adalah peningkatan IPM yang juga harus menjadi fokus pembahasan serius dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Landak," kata Karolin, usai menghadiri kegiatan Musrenbang kabupaten Landak 2018 di Ngabang, Selasa.

Menurutnya, musrenbang merupakan salah satu pembahasan penting untuk mewujudkan masa depan masyarakat. Oleh karenanya, sejumlah program yang sukses dilaksanakan pada pemerintahan sebelumnya, harus ditingkatkan pada tahun berikutnya.

Selain pembangunan manusia, juga dalam penyusunan Rencana pembangunan harus mempunyai skala prioritas terutama yang menyangkut kebutuhan dasar masyarakat, seperti Kesehatan, pendidikan, infrastruktur, pertanian tanaman pangan dan hortikultura.

"Tadi kita dengar, paparan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Landak menyebutkan, Tahun ke-5 (2018) untuk Kabupaten Landak masuk pada Tahap Pemantapan Pembangunan Berkelanjutan. Pada tahun terakhir pelaksanaan RPJMD ini diharapkan ketercapaian visi lima tahunan melalui yang ditunjukkan oleh indikator-indikator kinerja pembangunan yang menyamai bahkan lebih tinggi dari rata-rata nasional," tuturnya.

Untuk itu, menurutnya, fokus prioritas program pada tahun 2018 meliputi pengembangan industri hilir berbasis sumber daya lokal, pemantapan pengembangan SDM berkualitas, pengembangan pusat inovasi, pemantapan sistem konektivitas, peningkatan efisiensi, efektivitas dan responsibilitas pelayanan publik serta penyiapan landasan pembangunan berkelanjutan pada periode berikutnya.

"Setidaknya apa yang diprogramkan oleh jajaran pemerintah Landak, saya harapkan bisa bersinergi dengan visi dan misi kami saat pencalonan kemarin, sehingga kita bisa lebih mudah dalam menjalankan berbagai program yang ada," kata Karolin.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017