Pontianak (Antara Kalbar) - Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kalbar, World Wildlife Fund, Asosiasi General Manager Hotel, Garuda Indonesia, Jewita Kalbar dan sejumlah pihak lainnya meluncurkan `West Borneo Internasional Bike Camping`.

Ajang bersepeda yang melintasi tiga daerah yakni Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Bengkayang tersebut akan digelar pada 28-29 April mendatang.

Roni Wang dari WWF Program Kalbar di Pontianak, Rabu, menjelaskan dalam even yang berskala internasional tersebut akan diikuti peserta dari mancanegara dan nusantara, serta lokal. Dalam kegiatan akan menyinggahi obyek wisata di sepanjang rute yang dilalui.

"Tujuan kita adalah untuk mencoba menggelar even tambahan bagi pariwisata kita agar lebih bervariasi. Sehingga angka kunjungan meningkat. Even ini juga berusaha memperkenalkan wisata Kalbar, terutama di pesisir pantai utara kepada para peserta yang berasal dari luar negeri dan nusantara," ujarnya.

Roni menjelaskan objek wisata yang akan dikunjungi dalam even tersebut yakni Taman Alun Kapuas, Tugu Khatulistiwa, Keraton Amantubillah, Mempawah Mangrove Park, Kelenteng Ceng Ho (Samp Po Kong) dan Pantai Ancol.

"Sementara itu Pantai dan wahana permainan Mimi Land akan menjadi tempat terakhir acara, di mana para peserta akan bermalam dan menikmati berbagai acara di sana. Tidak hanya itu, para peserta juga akan melakukan penanaman mangrove di titik-titik tertentu," kata dia.

Sementara itu, Ketua PHRI Kalbar Yuliardi Qamal menyebut, even ini menargetkan sekira 300-an peserta.

"Kita terinspirasi dari even bersepeda di Bromo, Jawa Timur yang sudah sukses. Tetapi sengaja kita batasi pesertanya, karena ini even pertama. Apabila sukses, tentu kita berharap bisa menjadi agenda tahunan," jelasnya.

Yuliardi menyebutkan kendati acara ini baru diluncurkan, namun sudah ada beberapa peserta yang mendaftar.

"Saat ini sudah ada peserta dari Hongkong yang sudah mendaftar. Termasuk juga dari Jakarta, Solo, Berau, dan lain-lain juga dipastikan ada yang ikut," kata dia.

Sugeng Hariadi dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar menyebut kegiatan tersebut. Menurutnya, pihaknya mendukung penuh kegiatan yang dicanangkan.

"Kami menyambut baik dan siap mendukung pergelaran ini. Kita tahu melalui kegiatan ini ke depan Kalbar terus dikenal," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017