Sintang (Antara Kalbar) - Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang dengan Tim Penggerak PKK Kecamatan Se-Kabupaten Sintang menandatangani perjanjian kerja sama Gerakan Nasional Tanam Cabai (Gertam Cabai) di kabupaten itu.

"Kegiatan ini dapat menjadi motor penggerak yang kuat menuju masyarakat Sintang yang sehat, cedas, maju, dan sejahtera," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Veronika Ancili mewakili Bupati Sintang, Jarot Winarno saat kegiatan tersebut.

Menurut dia, hal ini semua dimulai dari rumah tangga-rumah tangga yang ada, dari lingkup terkecil.

Dalam sambutan tersebut, Buapti Sintang menyampaikan harapannya atas peran serta PKK dalam mendukung pembangunan yang ada.

"Kerja sama ini memang bersifat internal dalam lingkungan tim penggerak PKK, pemerintah berharap kerja sama ini dapat menjadi pondasi yang kuat untuk mengaktifkan dan menggerakkan wanita-wanita yang ada di Kabupaten Sintang ini agar lebih berdaya," papar Veronika menutup sambutannya.

Dalam wawancara terpisah usai acara tersebut, Veronika menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari Gerakan Nasional yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

"Dalam pelaksanaan Gertam Cabe ini kita berkerjasama dengan PKK Kabupaten hingga PKK Desa, dan penandatangan kerjasama dalam internal PKK sudah kita saksikan tadi," katanya.

"Kita melibatkan PKK karena posisinya yang strategis dalam upaya pemberdayaan wanita hingga ke tingkat rumah tangga," tambah Veronika lagi.

"Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan, memasyarakatkan lahan pekarangan untuk pemanfaatan penanaman komiditi pangan khususnya cabe," ujar Veronika.

Tujuan lainnya dari gerakan nasional ini, nantinya mengurangi gejolak harga cabe di pasar dan mengurangi pengeluaran harian di tingkat keluarga, untuk memenuhi pangan dan gizi keluarga.

"Cabe itu jangan kita lihat pedasnya saja, tapi di dalamnya ada kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh juga," ujarnya.

Veronika menjelaskan bahwa Sintang berpartisipasi dalam Gertam Cabai ini dengan mengangkat dua jenis cabe.

"Untuk cabe besar kita menargetkan dapat membuka 38 hektare dan untuk cabe rawit sebanyak 257 hektare lahan yang tersebar di beberapa kecamatan yang kita anggap berpotensi," tutupnya.

Peserta kegiatan ini, ibu-ibu ketua tim penggerak PKK tingkat Kecamatan se-Kabupaten Sintang dan ketua Tim Penggerak PKK kelurahan yang ada di Kota Sintang.

Penandatangan dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Yasinta Askiman dan perwakilan dari Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan.

Pada acara ini Kadis Pertanian dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang melakukan tanam cabe secara simbolis. Kemudian dilanjutkan dengan menyerahkan sejumlah bibit cabe kepada setiap ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan yang hadir.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang, Yasinta Askiman menyampaikan bahwa pihaknya, dalam hal ini Tim Penggerak PKK menyambut baik kerjasama dengan Dinas Pertanian ini.

"Kita mendukung usaha kerjasama ini, harapan kita melalui kegiatan gerakan tanam cabe ini ibu-ibu anggota PKK di Sintang ini dapat memanfaatkan pekarangan masing-masing untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya," ujar Yasinta.

"Tahun ini kita mau cabe menjadi komiditi unggulan untuk kebun-kebun PKK yang ada di desa dan kecamatan yang ada," tegasnya lagi.

"Sejauh ini kita mulai menindaklanjuti gerakan tanam cabe ini dengan penandatangan kerjasama internal PKK, yaitu antara Tim Penggerak PKK Kabupaten dengan Tim Penggerak PKK Kecamtan," papar Yasinta.

"Kegiatan ini sudah kita mulai sejak beberapa waktu lalu, sekarang bahkan sudah ada yang panen di Binjai dan Dedai," pungkasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang Hotler Panjaitan menyampaikan bahwa pihaknya telah mengimbau kepada para kepala desa yang ada untuk menyikapi gerakan nasional ini dengan menganggarkan dana desa.

"Pada Raker kepala desa yang lalu, kita sudah sampaikan mengenai gerakan nasional taman cabe ini, kita juga mengarahkan agar tiap-tiap desa dapat mengalokasikan sejumlah dana untuk mendukung kegiatan ibu-ibu PKK salah satunya menanam cabe ini," ujarnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan perikanan Kabupaten Sintang, Zulkarnaen menyatakan dukungannya terhadap kegiatan ini.

"Inikan suatu gerakan nasional, yang mana melalui PKK sasarannya kepada Ibu-ibu di rumah tangga, melalui kegiatan ini diharapkan mereka dapat menyediakan bahan pangannya seperti cabe ini sehingga dapat membantu menjaga ketahanan pangan kita di Sintang ini," ujarnya.

 

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017