Sambas (Antara Kalbar) - Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Sambas, Arlizen mengatakan kuota haji Sambas 2017 sebanyak 316 jamaah.

"Sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Kalbar, Kabupaten Sambas pada 2017 mendapatkan penambahan kuota haji sebanyak 22 orang. Jadi semula pada 2016 hanya 294 jemaah dan sekarang menjadi 316 jemaah," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Senin.

Ia menambahkan selain penambahan 22 jemaah, untuk cadangan juga dipersiapkan 16 jemaah yang semua urusan baik pembayaran dan dokumen sudah selesai.

"Kita juga siapkan sebanyak 16 jemaah cadangan dan ini akan digunakan ketika jemaah haji yang ingin berangkat sedang berhalangan atau sakit," kata dia.

Dikatakannya Pemkab Sambas sendiri akan meningkatkan fasilitas kepada jemaah haji baik dalam pelayanan dan kesehatan.

"Sesuai dengan instruksi bupati, untuk pelayanan dan kesehatan akan di perbaiki secara maksimal. Seperti bus pengangkut jemaah, bertambah dua bus yang direncanakan khusus untuk membawa tas jemaah hingga ke Pontianak. Semula tujuh bus, ditambah dua menjadi sembilan bus," jelasnya.

Sedangkan untuk konsumsi dan fasilitas jemaah, untuk berangkat juga telah dipersiapkan oleh Pemda Sambas. Menurutnya juga ada penambahan kuota dari Sambas, maka pihaknya harus cepat bergerak terutama konsumsi dan penginapan di tanah suci.

"Jangan sampai penambahan ada, namun fasilitas tidak bertambah. Kita tidak mau jemaah kita nantinya terbengkalai," katanya.

Terkait jadwal keberangkatan dikatakan Arlizen masih menunggu pemerintah propinsi.

"Untuk jadwal keberangkatannya,masih menunggu pemerintah provinsi. Untuk sekarang, kita fokus memperbaiki pelayanan fasilitas kepada calon jemaah haji kita," kata dia.

(KR-DDI//N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017