Sukadana (Antara Kalbar) – Sebanyak 84 nelayan di Kepulauan  Karimata, Kabupaten Kayong Utara mendapatkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BNI. 

Menurut Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidayaan Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kayong Utara Hendra, Kamis, mengingat desa di daerah kepulauan belum pernah tersentuh bantuan KUR dikarenakan akses kepulauan yang  cukup sulit dan  jauh.

"Hal ini sangat membantu nelayan untuk menambah permodalan usaha mereka dan dapat mengembangkan usaha unit koperasi nelayan," jelas Hendra.

Dikatakan Hendra, KUR merupakan program dari Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidayaan Ikan  Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kayong Utara untuk  memfasilitasi nelayan agar mendapat akses permodalan dan pengembangan kelembagaan usaha.

"Kita telah memfasilitasi dan bekerjasama dengan BNI untuk memberikan akses permodalan  nelayan dengan kredit mikro, untuk nelayan kepulauan dan pesisir," jelasnya.

Menurut Hendra, dengan adanya KUR ini dapat menambah modal para nelayan dan unit koperasi nelayan yang ada. Bahkan dengan adanya program kerja sama permodalan dari Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidayaan Ikan ini mempermudah masyarakat nelayan untuk menerima pinjaman modal usaha, sehingga usaha yang digeluti dapat berkembang. 

Pewarta: Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017