Sanggau (Antara Kalbar)- Desa Suka Gerundi Kecamatan  Parindu ditetapkan untuk mewakili Kabupaten Sanggau pada ajang lomba desa tingkat Provinsi Kalbar tahun 2017 ini.
    Ketua tim penilai tingkat Provinsi Kalbar Syarif Ardiman SOS, MAP mengatakan untuk Kalbar tahun 2017, lomba desa diikuti oleh delapan desa dan tiga kelurahan. Adapun kriteria penilaian bagaimana peran aktif serta partisipasi masyarakat dalam pembangunan masyarakat desa. Dimana sebagai penunjang jalannya pemerintahan desa/kelurahan. Selain itu, sejauhmana keberhasilan kepala desa dalam menjalankan roda pemerintahan dan menggerakkan masyarakat.
    "Selanjutnya tersedianya data atau profil desa/kelurahan yang mencakup data potensi desa, data keluarga dan data tingkat perkembangan desa/kelurahan. Kemudian, penyampaian laporan RPJMD Desa dan RPM Desa serta kriteria lainnya yang dianggap perlu. Kemudian, disamping itu juga bagaimana peran aktif PKK Desa," ungkapnya.
    Ditambahkan, dengan adanya perlombaan tersebut, maka akan mengetahui berbagai kekurangan yang ditemui di lapangan dan akan memberikan motivasi serta mendidik masyarakat desa. Sehingga terpacu semangatnya yang berbasis pada pengembangan prakarsa dan swakarsa  gotong royong masyarakat yang tumbuh dari bawah dan didukung oleh elemen masyarakat.
  "Untuk itu kami harapkan agar desa dan kelurahan yang ikut dalam perlombaan ini mempersiapkan diri sebagai juara provinsi nantinya juga persiapan lomba tingkat regional  dan nasional," ujar dia.
    Sementara, Drs Wakil Bupati Yohanes Ontot M Si  mengatakan hendaknya masyarakat Desa Suka Gerundi bangga karena berhasil terpilih mewakili diantara 163 desa  se-Kabupaten Sanggau untuk mengikuti lomba desa tersebut.
    "Masyarakat harus bangga dan memiliki tanggung jawab moral kepada desa, kecamatan dan kabupaten serta kepada Tuhan, karena berkat karunia dan rahmatNya Desa Suka Gerundi terpilih sebagai desa terbaik tingkat Kabupaten Sanggau," ujar dia.
    Menurut Ontot, desa harus kuat baik itu aparatur desanya hingga kepada masyarakat, hendaknya bersatu padu memperkuat kegotongroyongan. Dan hendaknya semua pihak berperan aktif dalam membangun desa.
    "Jika desa sudah hebat dan kuat secara otomatis kecamatan dan kabupaten akan kuat juga. Jadi saya harapkan dengan penilaian ini sebagai motivasi kita, bagaimana mempertahankan desa ini maju diberbagai sektor bukan hanya semangat sesaat," pungkasnya.
    Namun, Ontot yakin warga Desa Suka Gerundi telah mempersiapkan diri sejauh hari bahkan tidak mengikuti lomba pun, warga telah terbiasa dengan gotong royong serta mengadakan berbagai  kegiatan yang menyangkut kepentingan masyarakat.


Pewarta: M Khusyairi/Tekam Sunarya

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017