Sekadau (Antara Kalbar) - SD Bantuan Yos Sudarso Sungai Ayak Sekadau menggelar lomba baca cerita rakyat Kalimantan Barat.

Cerita rakyat yang dipilih karena dinilai bisa menumbuhkan rasa cinta pada daerah melalui cerita yang dibaca. 

"Kita yang terlahir sebagai penerus Indonesia tercinta, dengan kelemahlembutan sebagai wanita yang telah Tuhan berikan hendaknya bukan menjadi penghalang akan kegigihan suatu perjuangan yang bisa kita lakukan," kata Kepala Sekolah SDB Yos Sudarso Sungai Ayak, Adriana.

Sehingga mereka dapat lebih giat belajar dan dapat meningkatkan prestasi mereka. "Itu salah satu motivasi kita menyelenggarakan atau peringati hari Kartini, meskipun hari ini baru di peringati," ungkapnya. 

Pantauan di SD yang berada di Jalan KH Dewantara itu, para siswa berpenampilan berbeda dari biasanya. Mereka terlihat sangat cantik dengan mengenakan beragam busana hingga kebaya yang beraneka design dan warna. Siswa laki-lakipun tak kalah hebohnya.

"Tujuan diadakannya perayaan Hari Kartini adalah memahami makna dari peringatan Hari Kartini, menjadi ajang apresiasi dan kreasi siswa dalam bidang kesenian. Selain itu juga untuk mengakrabkan tali persaudaraan di lingkungan sekolah SDB Bantuan Yos Sudarso dan meningkatkan rasa nasionalisme," paparnya. 

Ibu tiga anak itu melanjutkan, baru dilaksanakan peringatan di hari Sabtu, karena pada Sabtu di sekolah tersebut tidak full belajar.

"Sabtu biasa kita ada pengembangan siswa/i, jadi memilih hari lebih santai tidak mengganggu jam belajar mengajar di kelas. 
Pemenang dari lomba ini tentu akan kita jadikan wakil sekolah jika ada kegiatan diluar sekolah yang berhubungan dengan lomba bercerita," ujarnya.

"Peserta dari kelas satu hingga lima, yang kelas enam sudah akan menempuh UN. Ya tentu ini untuk memperingati hari Kartini sebagai bukti penghormatan mereka terhadap sosok Kartini, yang berhasil mengangkat kaum perempuan menuju derajat terang benderang," tutupnya.

Pewarta: Gansi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017