Pontianak  (Antara Kalbar) - Ketua Dekranasda Kalimantan Barat Frederika Cornelis, mengharapkan para perajin yang ada di Kalbar dapat meningkatkan kualitas produk agar bisa bersaing dengan produk kerajinan dari luar negeri.

"Sebenarnya, kerajinan Kalbar selain karena unik dan khas juga memiliki nilai jual. Namun agar bisa terus bersaing dengan produk luar, kita minta agar para perajin binaan bisa meningkatkan kualitas produk, sehingga mampu bersaing dengan hasil kerajinan bukan saja dari dalam negeri bahkan luar negeri," kata Frederika di Pontianak, Kamis.

Untuk itu, pihaknya akan terus berupaya mendorong kemajuan industri kerajinan di Kalbar. Selain melalui pembinaan, Dekranasda Kalimantan Barat juga memfasilitasi para perajin untuk mengikuti sejumlah pameran baik di tingkat lokal hingga nasional.

"Seperti yang kita ikuti pada ajang International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) di Jakarta Convention Center, Jakarta pada 26-30 April 2017 ini, dengan tujuan mempromosikan hasil kerajinan unggulan daerah," tuturnya.

Dia berharap, melalui ajang Inacraft ini bisa menjadi ajang promosi bagi para perajin Kalimantan Barat di bawah binaan Dekranasda. Melalui kegiatan itu, para perajin bisa bertemu dengan buyer yang diharapkan mampu meningkatkan penjualan.

Dikatakan Frederika Cornelis hasil kerajinan yang dipamerkan dalam even skala internasional itu seperti kerajinan anyaman tangan, kain tenun dan lainnya.

"Produk yang kami tampilkan pada tahun ini adalah beberapa jenis produk unggulan anyaman khas daerah lokal. Kerajinan dan produk tersebut kita pajang di stand Dekranasda Provinsi Kalbar dan Dekranasda Kabupaten/Kota se kalbar," katanya.

(U.KR-RDO/N005) 

Pewarta: Rendra Extora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017