Putussibau (Antara Kalbar) - Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri 1 Putussibau, Kapuas Hulu.

"Untuk di Kapuas Hulu hanya SMP Negeri 1 Putussibau yang melaksanakan UNBK, sedangkan SMP yang lainnya masih melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP)," Kata Nasir ditemui di Putussibau, Kapuas Hulu, Selasa.

Dikatakan Nasir pelaksanaan UNBK belum bisa dilaksanakan secara keseluruhan di wilayah Kapuas Hulu dikarenakan minimnya sarana dan prasarana seperti perangkat komputer dan kendala listrik untuk di kecamatan-kecamatan.

"Ke depan minimal di ibu kota kabupaten sejumlah SMP ikut UNBK," jelas Nasir.

Menurut Nasir untuk mendukung program pemerintah pusat dalam pelaksanaan UNBK, Pemkab akan berupaya melakukan pengadaan sarana dan prasarana pendukung, sehingga ke depan yang melaksanakan UNBK tidak hanya satu sekolah.

Ia menilai UNBK memang sudah saatnya selain mengikuti perkembangan zaman melainkan untuk persiapan juga ke jenjang berikutnya yaitu SMA.

"Melaksanakan UNBK juga bukan sekadar tamat sekolah, itu juga bentuk persaingan dengan kabupaten lain, di luar sana rata - rata sudah melaksanakan UNBK, Kapuas Hulu hanya satu sekolah untuk SMP tahun ini," kata Nasir.

Dirinya berharap dengan UNBK dan UNKP kualitas pendidikan Kapuas Hulu semakin meningkat.

Pelaksanaan UNBK dan UNKP tingkat SMP dilaksanakan mulai 2 - 8 Mei 2017, untuk Kapuas Hulu tahun ini ujian nasional tingkat SMP diikuti sebanyak 4. 312 siswa dengan 57 sekolah penyelenggara.

(KR-TFT/N005)

Pewarta: Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017