Sanggau (Antara Kalbar) - Bupati Sanggau Paolus Hadi berharap Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sanggau periode 2017-2022 dapat membantu membangun kabupaten tersebut khususnya masyarakat yang kurang mampu.

Hal itu disampaikan Bupati Paolus Hadi saat melantik tiga pimpinan Baznas Kabupaten Sanggau di Lantai I Kantor Bupati Sanggau, Senin.

Hadir dalam acara pelantikan pimpinan Baznas Kabupaten Sanggau yaitu, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, para Staf Ahli dan para asisten, Kepala SKPD, Ormas dan Pengurus Baznas periode sebelumnya. Mereka yang dilantik sebagai pimpinan Baznas Kabupaten Sanggau adalah, H. Syamsul Khaidir, SH, Indra, ST dan H. Syafarudin.Bc.Kn.

Mengingat zakat berdampak besar bagi masyarakat, Bupati mengingatkan agar Baznas dikelola secara profesional dengan membantu warga yang kurang mampu agar hidupnya dapat lebih baik dan bermartabat

Berzakat tidak hanya perintah agama, tetapi juga sudah diatur dalam perundang-undangan yang harus dijalankan.

"Kerjakan dengan adil, jujur dan cermat. Jadikan lembaga ini tempat yang senang membuat orang untuk berzakat. Biasanya orang melihat pengurus, kalau pengurusnya bisa dipercaya maka orang akan senang berzakat, tapi saya yakin pengurus yang baru ini dapat menjalankan amanah karena proses seleksinya cukup ketat sampai ke tingkat pusat," kata Paolus Hadi.

Baznas, lanjut orang nomor satu di Sanggau itu, adalah bagian penting dari pemerintah daerah dan menjadi mitra penting dalam mewujudkan "seven brand image". Berdasarkan Surat Keputusan, terang Bupati, untuk beberapa item pembiayaan, dibiayai oleh Pemkab Sanggau melalui APBD.

"Saya minta Asisten II jangan lupa, ingatkan saya, kasih tahu saya mana yang secara aturan bisa kita bantu dan mana yang tidak bisa kita bantu" ujarnya.

Bupati juga mengapresiasi kerja pengurus Baznas Sanggau yang lama karena telah mampu membawa perubahan dan hal ini tentu harus diapresiasi oleh semua pihak.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Sanggau terpilih, H. Syamsul Khaidir berjanji akan melaksanakan amanah yang diberikan agama dan Undang-Undang dengan sebaik-baiknya.

"Itu memang sudah komitmen saya sejak mengikuti tes kemarin dan saya tentu akan berusaha menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya," kata pensiunan Kepala Kantor Arda Sanggau itu.

Untuk itu, ia akan segera mengumpulkan seluruh pimpinan dan staf guna membicarakan target kerja ke depan.

"Sebenarnya kita sudah punya konsep, tetapi bagaimanapun juga ini harus kita bicarakan lagi," kata Syamsul.

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017