Pontianak (Antara Kalbar) - BPJS Kesehatan Singkawang telah mengembangkan pendaftaran JKN-KIS melalui sistem "Drop Box".

"Disamping membuka layanan Care Center 1500-400, kita juga akan mengembangkan pendaftaran JKN-KIS melalui Drop Box," kata Kepala BPJS Kesehatan cabang Singkawang, Mardani, Kamis.

Untuk di Singkawang, pemasangan Drop Box akan dilakukan di lima kecamatan yang ada di Kota Singkawang. Tujuannya, untuk memudahkan masyarakat Singkawang dalam melakukan pendaftaran JKN-KIS.

"Masyarakat hanya tinggal mengisi formulir yang sudah kita sediakan di kotak Drop Box. Nanti petugas kita yang akan jemput bola ke kantor Kecamatan," ujarnya.

Di samping itu, pihaknya juga telah meluncurkan "mobil keliling" yang siap siaga setiap Sabtu pagi di Taman Burung Singkawang.

"Jadi setiap hari Sabtu, kita manfaatkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan mobil keliling di Taman Burung Singkawang," ungkapnya.

"Mobil keliling yang kita `standby` tidak hanya untuk melayani pendaftaran saja, tapi juga melayani pembayaran iuran," tuturnya.

Mardani berharap, dengan diluncurkannya berbagai inovasi tersebut dapat meningkatkan kepesertaan JKN-KIS di wilayah Sing-Bebas (Singkawang, Bengkayang dan Sambas).

Untuk Singkawang, lanjutnya, kepesertaan JKN-KIS hingga 2017, baru mencapai 135 ribuan atau sekitar 52,54 persen dari jumlah penduduk sebanyak 258 ribu jiwa.

Sedangkan untuk wilayah Bengkayang, dari jumlah penduduk sebanyak 282 ribu jiwa, baru 125 ribu jiwa atau 44,43 persen yang masuk dalam kepesertaan JKN-KIS.

"Kalau untuk wilayah Sambas, dari 625 ribu jiwa yang sudah terdaftar di kepesertaan JKN-KIS baru 283 ribu penduduk," katanya.
(KR-RDO)
(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017