Sanggau (Antara Kalbar) - Pemerintah Desa Pedalaman, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, menggelar coffee morning yang berlangsung santai dan penuh keakraban bersama berbagai pihak terkait pada Jumat.
    Acara ini digelar untuk mensinergikan berbagai program, menanggapi isu-isu yang berkembang belakangan ini serta syukuran tim sepak bola Usia 15 walaupun hanya bertengger pada posisi runner up pada turnamen tingkat Kabupaten Sanggau baru-baru ini.
    Acara yang diprakarsai Kepala Desa Pedalaman, Sunarto ini mengusung tema rajut kebersamaan dengan secangkir kopi, berbagi peran majukan Tayan.
    Dalam acara tersebut ada beberapa agenda yang menjadi topik pembahasan yakni diantaranya kontribusi perusahaan yang berada di Kecamatan Tayan Hilir, peningkatan kamtibmas, capaian prestasi tim sepak bola U-15, kondisi Ranting Pramuka serta kondisi listrik PLN yang masih sering byar pet.
    Hadir dalam kesempatan itu, Sekcam Tayan Hilir Ade Wawan Juniardi, Kapolsek Tayan Hilir Iptu Muhammad Resky Rizal, Danramil Tayan, Kapten Inf Dulloh, Ketua MABM H Irwansyah S Pd, Sekretaris DAD Yulian, Ketua PFKPM Fera Dedi Saputra, perwakilan perusahaan  serta berbagai elemen masyarakat lain.
    Ketua MABM Tayan Hilir, H Irwansyah S Pd mengungkapkan, untuk memajukan Kecamatan Tayan Hilir jelas melalui berbagai cara, termasuk profesi masing-masing. "Banyak cara untuk memajukan Tayan ini, kalo atlet melalui prestasi olahraga. Dan untuk keberhasilan lain sesuai profesi masing-masing," ujar pria yang akrab disapa Pak Haji ini.
    Sekretaris DAD, Yulian mengupas berbagai hal diantara mensupport pemain U-15, terkait persoalan listrik serta kontribusi perusahaan di Kecamatan Tayan Hilir. "Keberhasilan anak-anak ini sudah cukup membanggakan. Kedepan lebih tingkatkan. Beberapa waktu ini, kita juga dihadapkan dengan listrik sering padam, jadi bingung juga terkait listrik ini. Kemudian masalah kontribusi perusahaan hanya beberapa yang perhatian. Kalau tak salah hitung saya, ada sekitar 40 perusahaan di Tayan ini," ungkap dia.
    Riduan Sahuri sempat melontarkan curahan hati (curhat) terkait dengan kondisi Ranting Pramuka Tayan. "Kami kewalahan, untuk mengikuti kegiatan tingkat kabupaten saja, hampir tak punya biaya. Untuk itu, kami sangat memerlukan perhatian perusahaan kedepan, agar berbagai program Pramuka Tayan ini bisa berjalan," ujarnya.
    Kapolsek Tayan Hilir, Iptu Muhammad Resky Rizal S Ik memberikan support kepada para pemain U-15, dengan menceritakan sekilas perjalanan pemain Brazil Lionel Messi. Kemudian, mantan Kasat Reskrim Polres Sekadau ini, meminta warga mengaktifkan poskamling.
    "Tahu dengan Lionel Messi, bagaimana dia bisa menjadi pemain kelas dunia. Jadi jangan pernah puas dengan apa yang telah diraih, terus lah berjuang. Untuk kamtibmas, saya beberapa kali meninjau malam-malam, ada poskamling yang kosong. Untuk antisipasi kejahatan, jadi lah polisi pada diri kita sendiri dulu," ungkapnya.
    Danramil Tayan Hilir, Kapten Inf Dulloh juga memotivasi pemain U-15 sekaligus meminta masyarakat menjaga keharmonisan dan tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang beredar liar. "Untuk pemain U-15 ini tetaplah semangat. Nah, patut diingat jangan mudah terpancing dan terprovokasi dengan berbagai isyu yang berkembang," pinta dia.
    Sekcam Tayan Hilir, Ade Wawan Juniardi mengatakan menjalin silaturahmi dan mempererat kerukunan bisa melalui olahraga dan seni. "Melalui wadah seni dan olahraga ini sangat efektif terjalinnya kerukunan dan keharmonisan dengan sesama," tutur dia.  
    Wawan mengimbau, agar warga peduli dengan keberadaan sampah yang ada di kota Tayan. "Kedepan sampah menjadi permasalahan serius. Jika kurang kepedulian dari kita bersama. Untuk itu, marilah kita bersama-sama peduli dengan sampah ini," tegasnya.
    Sementara, Kepala Desa Pedalaman, Sunarto berharap kekompakan selalu terjalin. Namun yang tak kalah pentingnya bagaimana mengoptimalkan peran masing-masing untuk kemajuan Tayan secara umum. "Kita semua jelas berharap, seluruh warga di Kecamatan Tayan Hilir, khususnya Desa Pedalaman selalu kompak dan solid. Mari bersama-sama kita mengawal penggunaan yang tepat guna, menjaga kamtibmas. Dan mengoptimalkan peran masing-masing dalam pembangunan dan penyelesaian masalah,”"ungkap Kades Pedalaman, Sunarto.
    Sesaat sebelum coffee morning diakhiri, terlihat raut wajah seluruh yang hadir penuh semangat dan adanya harapan baru untuk memajukan Kecamatan Tayan Hilir, khususnya Desa Pedalaman dibawah kepemimpinan Kepala Desa Sunarto, yang telah terbina dengan baik selama ini.


Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017