Putussibau (Antara Kalbar) - Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir mengajak kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, demi terjaganya persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Pancasila itu merupakan pandangan hidup yang mesti diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai Warga Negara Indonesia," kata Nasir ditemui usai peringatan Hari Kelahiran Pancasila sekaligus peringatan HUT ke-122 Kota Putussibau, di Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Kamis malam (1/06).

Ditegaskan Nasir, berdirinya Bangsa Indonesia dilandasi oleh Pancasila sebagai ideologi negara sehingga harus dijaga serta dipedomani dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Ia juga mengatakan tidak ada satu orang pun yang boleh mengubah bahkan menghapuskan ideologi negara tersebut.

"Pancasila itu pemersatu yang tidak boleh kita hilangkan maupun diubah, apalagi ingkar dengan Pancasila," tegas Nasir.

Menurut Nasir, sampai saat ini masyarakat Kapuas Hulu masih tetap menjaga dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, bahkan masyarakat Kapuas Hulu yang hidup berbagai suku, agama serta golongan selalu harmonis dan mengedepankan rasa kekeluargaan.

"Alhamdulillah, untuk Kapuas Hulu hingga saat ini masih harmonis dan kondusif, namun tetap kita terus berupaya agar keamanan dan ketertiban di masyarakat harus tetap terjaga," ucap Nasir.

Dirinya juga menuturkan selama ini hubungan komunikasi dan koordinasi unsur pimpinan di daerah serta dengan sejumlah tokoh adat dan tokoh agama terjalin dengan baik.

"Kita selalu cepat dalam mengatasi setiap informasi yang berkembang, mari terus kita jaga keamanan dan keharmonisan Kapuas Hulu dengan tetap menjunjungi nilai-nilai Pancasila untuk keutuhan NKRI," imbau Nasir.

Pewarta: Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017