Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kusyadi mengingatkan seluruh pegawai yang ada di daerah itu untuk meningkatkan kinerja selama bulan Ramadhan.

"Kami meminta selama bulan suci Ramadhan, seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) harus tetap menjalankan kewajiban sebagai Abdi Negara karena seluruh aktivitas harus berjalan seperti biasa," kata Kusyadi di Sungai Raya, Senin.

Kusyadi mengatakan seluruh PNS Kubu Raya seluruhnya tetap masuk seperti biasa, masuk pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB.

"Puasa jangan dijadikan hambatan dalam mengabdi justru semangat dan nilai-nilai yang terkandung di bulan suci Ramadan. Jadikan motivasi dalam bekerja, berkarya dan beribadah dengan tulus dan ikhlas," katanya.

Dia menambahkan, kondisi ini menunjukkan bahwa setiap orang yang melaksanakan ibadah puasa, tetap memiliki kinerja yang baik. Tetap punya tanggung jawab sebagai ASN.

"Sehingga bulan puasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Setiap ASN tetap memiliki tanggung jawab penuh selama puasa," tuturnya.

Hanya saja, lanjutnya, memang ada pengurangan dari jam kerja. Masuk lebih siang dan pulang lebih awal dari jam biasanya.

Sementara itu, seorang PNS Kubu Raya, Dedi Mustofa mengatakan, bulan puasa tidak menjadi penghalang baginya untuk tetap bekerja dengan baik. Sebagai staf di bagian humas dan protokol dirinya tetap melaksanakan kegiatan sebagaimana biasa.

"Tak ada pengaruhnya bulan puasa, biasa saja. Malah lebih semangat karena tidak kepikiran untuk istirahat makan atau minum. Selain itu kalau menurut saya, bekerja dalam keadaan puasa merupakan suatu ibadah," tuturnya.

Untuk itulah, seluruh agenda di humas selalu terlaksana. Sehingga bulan puasa menjadi harapan bekerja dengan baik dengan tetap melaksanakan ibadah puasa.

"Puasa ini merupakan kewajiban bagi seorang muslim. Namun bukan alasan karena menjalan ibadah puasa harus lemah dalam bekerja," katanya.

(KR-RDO/S023)

Pewarta: Rendra

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017