Sambas (Antara Kalbar) - Polres Sambas, melakukan sinergi pengamanan dalam Operasi Ramadniya Kapuas 2017 menyambut Idul Fitri 1438 H dengan berbagai lintas sektoral di wilayah hukumnya.

"Sinergis kita lakukan melalui rapat koordinasi tersebut untuk mengetahui seperti apa kesiapan dari pihak-pihak yang terlihat dalam operasi. Ini juga bagian persiapan sebelum dilaksanakan gelar pasukan," ujar Kapolres Sambas, AKBP Cahyo Hadiprabowo saat dihubungi di Sambas, Jumat.

Ia menjelaskan sinergi Polri dengan instansi terkait juga dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman ke pada masyarakat saat lebaran mendatang.

"Dalam operasi yang akan dilaksanakan nanti tentu perlu dukungan dari semua pihak agar tercipta situasi yang aman di Kabupaten Sambas," kata dia.

Cahyo menyebutkan ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian pihaknya dalam operasi mendatang yakni seperti keamanan lalu lintas, keamanan lingkungan masyarakat, juga ketersediaan bahan kebutuhan masyarakat serta keamanan dan kenyamanan warga dalam melaksanakan mudik lebaran.

"Soal rambu-rambu hingga penyelesaian pengerjaan jalan dan jembatan dibahas dalam Rakor yang kita gelar. Kemudian persiapan lalu lintas baik darat maupun air juga menjadi perhatian penting. Begitu juga arus mudik warga, termasuk para Tenaga Kerja Indonesia asal Sambas," jelasnya.

Untuk kelancaran lalu lintas akibat adanya perbaikan sejumlah ruas jalan dan jembatan dalam Rakor kata dia telah meminta instansi terkait untuk berkoordinasi dengan pihak Dinas PU Provinsi.

"Selain itu untuk menunjang menciptakan keamanan dan kenyamanan kita akan buat pos pengamanan dan pos pelayanan di tempat strategis seperti di Pemangkat, Tebas, Sambas dan Sekura. Juga akan ada Pos Terpadu di Aruk Sajingan Besar meliputi beberapa unsur seperti Bea Cukai, Imigrasi, TNI, Dinas Perhubungan Pol PP dan yang lainnya," kata dia.

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017