Sintang (Antara Kalbar) - Harga daging sapi di Pasar Junjung Buih Sintang, Kalimantan Barat saat ini mencapai Rp160 ribu/kg, kenaikan harga daging sapi tersebut terjadi setiap tahun menjelang hari raya.

"Harga daging sapi naik karena harga sapi potong juga mengalami kenaikan dari peternak," kata Pedagang daging sapi Pasar Junjung Buih, Abang ketika ditemui di Sintang, Minggu.

Kepala Disperindagkop dan UKM kabupaten Sintang, Sudirman membenarkan harga daging sapi di pasar naik.

Menurut Sudirman, untuk menekan harga daging sapi ini, H - 3 Idul Fitri Pemkab Sintang akan kembali menggelar pasar murah daging sapi beku.

"Kami akan mendatangkan kembali daging sapi beku sebanyak tiga ton untuk menstabilkan harga daging sapi di pasaran," kata Sudirman.

Disperindagkop pada tanggal 15 hingga 18 Juni sudah menggelar pasar murah daging sapi beku sebanyak dua ton dengan harga Rp86.500 ribu/kg.

Bahkan ratusan masyarakat berbondong-bondong antri untuk membeli daging sapi beku, yang dijual pemerintah di Galeri Seni.

Namun, upaya Pemkab Sintang menurunkan harga daging sapi dengan mendatangkan daging sapi beku, ternyata belum berhasil.

Kenaikan harga daging sapi juga terjadi di beberapa daerah di Kalimantan Barat seperti di Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu yang saat ini seharga Rp170 ribu/kg.
(T.KR-TFT/N005)

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017