Putussibau (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Pertanian Kapuas Hulu, Abdurrasyid mengatakan tahun ini siap ikut serta dalam ekspor produksi pertanian berupa beras premium dijadwalkan diluncurkan Oktober mendatang.

" Kapuas Hulu ditargetkan 50 ton beras premium dan kita siapkan beras Raja Uncak," kata Abdurrasyid ketika ditemui di Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Rabu.

Dikatakan Abdurrasyid untuk mencapai target tersebut saat ini pihaknya telah menyebarkan benih padi sebanyak tiga ton pada seluruh kelompok tani di Kapuas Hulu.

" Kami optimistis target 50 ton beras premium untuk ekspor tersebut bisa dicapai," jelas Abdurrasyid.

Menurutnya dalam ekspor produk pertanian tersebut nantinya dilakukan bersama pada tingkat provinsi direncanakan dihadiri Pesiden Joko Widodo pada bulan Oktober.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir menekankan agar produk pertanian terus ditingkatkan terutama untuk produk unggulan seperti beras Raja Uncak dan tepung mokap.

"Produk unggulan kita terutama beras raja uncak harus terus meningkat agar Kapuas Hulu turut serta berperan dalam ekspor," jelasnya.

Dikatakan Nasir letak geografis Kapuas Hulu yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia merupakan startegis untuk ekspor produk unggulan.

" Saya minta produk unggulan bidang pertanian benar - benar ditingkatkan sesuai instruksi Menteri Pertanian bahwa tahun ini kita harus sudah bisa ekspor produk unggulan," tegas Nasir.

(T.KR-TFT/H007)

Pewarta: Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017